Yang Sudah Dikerjakan, Siap untuk Belajar dewiana July 27, 2010

Yang Sudah Dikerjakan, Siap untuk Belajar

Apa pun hasil audit terintegrasi (SPP, ISO, 5R) terhadap berbagai unit kerja di Ubaya kita harus menerimanya.Tidak perlu dipermasalahkan karena hasil auditnya sebagai materi untuk kita selalu berusaha meningkatkan kinerja kerja dan kualitas kerja.

Itulah pesan yang disampaikan WR II Ubaya, Drs Adji Prajitno, M.S, ketika memberikan pengarahan berkaitan dengan kegiatan closing meeting kegiatan audit terintegrasi pada Rabu 21 Juli di Ruang Serbagaguna Fakultas Psikologi – Kampus Ubaya Tenggilis Surabaya

Hasil audit ini, tegas Pak Adji, “Yang kita sudah kerjakan adalah siap untuk belajar”. Kita harus memetik makna dari apa yang sudah kita kerjakan. Apakah hasilnya kena mayor, atau kena minor, atau tidak ada temuan kesalahan sama sekali semuanya menjadi bahan kajian untuk berefleksi dan bercermin pada diri kita masing-masing.

Siap untuk belajar itu artinya kita belajar memperbaiki diri maupun belajar bekerja secara professional dan bertanggung jawab. Karena itu, dalam melakukan perbaikan ia mengharapkan jangan bekerja sendirian. “Tinggalkan pola kerja secara individu dan mulailah bekerja secara tim”, harap Pak Adji yang sudah mengikuti seminar ISO tingkat perguruan tinggi di Swiss.

Menurut Manajer Unit QA/Lead Auditor, Idfi Setyaningrum, kegiatan audit kali ini mengesankan dan menarik sekali. Kenapa? Karena dari berbagai Unit Kerja yang kita lakukan untuk audit ada unit kerja yang memberikan jawaban apa adanya dan tidak dibuat-buat. “Mereka sungguh-sungguh menerima kenyataan dan mau belajar dari kekurangan yang ada”, tutur Bu Idfi.

Yang mengesankan juga. jelas Bu Idfi, dalam hal SPP ada fakultas yang tidak banyak mengeluarkan dana untuk pelaksanaan berbagai kegiatan akademis, tetapi indikator keberhasilannya banyak sekali.

Kemudian dalam diskusi tanya jawab, peserta diberikan kesempatan mengungkapkan keluhan dan usulan. Hasil usulan semuanya menjadi materi kajian untuk dikembangkan oleh team leader audit terintegrasi demi perbaikan dan kemajuan Ubaya ke depannya. Dan secara umum dari hasil audit ini semua unit sangat terbuka untuk menyampaikan jawaban, sesuai dengan fakta yang ada dan sangat tanggap dalam mencari solusi untuk perbaikan ke depan.

Kegiatan closing meeting ini sebagai tindak lanjut dari acara opening meeting yang dibuka Rektor Ubaya Prof Drs Wibisono Hardjopranoto, MS., pada Kamis 1 Juli 2010. Sedangkan pelaksanaan audit terintegrasi berlangsung dari 7 ndash; 21 Juli 2010.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan audit ini, akan diadakan Tinjauan Manajemen pada bulan Agustus, Perbaikan Prosedur Mutu (PM), Penambahan PM pada bulan September, Tindak Lanjut Hasil Tinjauan Manajemen bulan Oktober, Berbagai Aktivitas dan Bahan Mutu bulan November. (Loy, WU).