Bagaimana Mengolah Limbah Pabrik Dengan Alga? dewiana July 19, 2010

Bagaimana Mengolah Limbah Pabrik Dengan Alga?

Pada 16 Juli 2010 silam Ubaya kembali kedatangan rombongan dari salah satu universitas asing ternama, University of Adelaide Australia. Pada kesempatan ini, Dr David Lewis yang merupakan Leader dari Microalgal Engineering Research Group memberikan materinya yang berkisar seputar pengolahan limbah dengan menggunakan alga.

Kuliah tamu yang bertempat di SGFBE ini dimulai tepat pukul 13.30 WIB dan dihadiri oleh puluhan peserta, diantaranya dari karyawan, dosen, mahasiswa Teknik Kimia, dan beberapa tamu yang berasal dari perwakilan pabrik. Acara yang juga dihadiri oleh Treasurer dari Asia-Pasific Society for Applied Phycology ini merupakan hasil kerjasama pertama antara Pusat Studi Lingkungan (PSL) Ubaya dan University of Adelaide.

Materi yang diberikan membahas penanganan limbah cair industri yang berbahaya bagi lingkungan yang antara lain membahas limbah beserta penanganannya dengan menggunakan alga. Pengolahan ini nantinya mampu mengurangi unsur Biological Oxygen Demand (BOD) dalam limbah. Hanya saja, masih terdapat banyak hal yang harus diperhatikan seperti daya tahan alga, treatment, dan biaya yang diperlukan untuk mewujudkannya. Sisi positifnya, alga yang digunakan dapat dipanen dan diolah menjadi biodiesel untuk menutupi biaya yang dikeluarkan.

Putu Doddy Sutrisna ST MSc selaku Kajur Teknik Kimia dan Edy Purwanto ST MEngSc selaku ketua panitia dalam acara ini menegungkapkan bahwa seminar ini diadakan karena masih berhubungan dengan materi perkuliahan seperti Utilitas dan Teknologi Pengolahan Air Buangan. ”Dengan diadakannya kuliah tamu ini, diharapkan dapat menghasilkan kerjasama yang baik dalam penelitian dan pengolahan limbah bioenergi,” ungkap Edy. (voc)