Bikin Orang Waspada dengan Bahan Bekas fathulhusnan June 1, 2010

Bikin Orang Waspada dengan Bahan Bekas

RUNGKUT – Mengingatkan orang tershy;hadap suatu bahaya dengan cara yang kreatif. Itulah yang dilakukan para mahasiswa Jurusan Desain Manajemen Produk Universitas Surabaya (Ubaya) lewat karya-karya tiga dimensi mereka yang terbuat dari bahan bekas.

Contohnya, karya Joan Jeannet yang berjudul Smoking Area. Karya tersebut terbuat dari kardus dengan miniatur rokok yang diletakkan di atas kotak. ”Kan biasanya kalau di stasiun banyak orang yang merokok di sembarang tempat,’ tuturnya. ”Lewat karya ini, saya berharap para perokok bisa menggunakan smoking area dan membuang puntung rokok pada tempatnya,’ tamshy;bahnya.

Ada pula karya Wenny Helmi Makmun yang mengingatkan siapa saja akan ancaman pencopet. Karya bertajuk Awas Copet itu berushy;pa celana panjang lengkap dengan domshy;pet dan tangan yang hendak mencopet. Karya Joan dan Wenny tersebut merupakan bagian dari even tahunan yang kali ini bertema d’Unuseless. Selain pameran, kegiatan tersebut dimeriahkan seminar, workshop, kompetisi, dan tryout.

Menurut Guguh Sudjatmiko, dosen jurusan desain manajemen produk, total ada 11 karya yang ditampilkan dalam pameran tersebut. Karya-karya itu merupakan hasil mata kuliah desain komunikasi 2. ”Mereka diharuskan membuat karya tiga dimensi,’ ujarnya.

Sesuai tema, para mahasiswa harus menciptakan karya dari barang-barang bekas. Misalnya, kain, karton, atau kertas. ”Sekarang kan banyak barang yang terbuang sia-sia,’ kata Guguh.

Untuk ”setting’ karya, dipilihlah stasiun. Sebab, banyak fenomena sosial yang terjadi di tempat pemberhentian dan keberangkatan kereta api tersebut. ”Nah, fenomena itu yang harus diangkat dan dieksplor mahasiswa,’ jelasnya. (upi/c7/ttg)

dikutip dari Jawa Pos 1 Juni 2010