Dosen FBE Universitas Surabaya Juara II Lomba Poster FREE OPEN SOURCE SOFTWARE Indonesia fadjar March 2, 2010

Dosen FBE Universitas Surabaya Juara II Lomba Poster FREE OPEN SOURCE SOFTWARE Indonesia

Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) melalui wadah Free Open Source Software Indonesia (FOSS-ID) telah menyelengarakan Lomba Desain Poster Brosur yang mengangkat tema “Promosi Free / Open Source Software (FOSS) sebagai pilihan cerdas software legal” bertujuan untuk mensosialisasikan open source di kalangan masyarakat luas. Isi poster diharapkan berupa informasi mengenai keberadaan open source sebagai alternatif dari software propietary (yang legal maupun versi ilegalnya), dan juga ajakan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan open source software dan produk-produk berbasis open source dalam aktivitas berbasis TIK.

Setelah melewati tahap penjurian yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 februari 2010 yang lalu, Para juri lomba desain poster promosi yang terdiri dari :

  1. Riswanto Ramelan (Asosiasi Desain Grafis Indonesia);
  2. Caroline F Sunarto (Forum Desain Grafis Indonesia);
  3. Diki . A (Creator Of “Chickenstrip”, https://www.chickenstrip.wordpress.com)

mengumumkan 3 orang pemenang, yaitu:
Juara I: Guruh Hanafi (Desainer Grafis YDSF Surabaya),
Juara II: Adi Cipta W (Dosen Fakultas Bisnis Ekonomika – UBAYA),
Juara III: Rizal Arief Kurniawan (Mahasiswa S1 – Desain Grafis ITS).

Dasar penilaian karya secara umum berdasarkan 3 aspek yaitu teknis (keaslian aplikasi berbasis open source yang digunakan), desain (orisinalitas dan estetika karya), serta komunikasi (kesesuaian dan kedalaman tema yang diangkat).

Penyerahan hadiah dilaksanakan di ajang Pameran Komputer Terbesar di Jakarta Utara yakni di ARTHA GADING MALL dan diberikan oleh Bp. Riki Arif Gunawan selaku Kasubdit Perangkat Lunak Kementrian Kominfo. Hadiah yang diberikan berupa uang tunai serta laptop untuk juara pertama dan netbook untuk juara kedua dan ketiga.

Berikut apa yang disampaikan oleh juara pertama, M. Guruh Hanafi kesan pesannya kepada temen-temen yang sampai saat ini masih menggunakan software bajakan. “Hare gene masih pake sopware bajakan?? Apa kata akherat?? pakelah sofware halal 100% gratis 1000% (updet ampe kiamat)”. Adhicipta R. Wirawan juga mengatakan hal yang kurang lebih sama, “Jangan Pernah Bangga Jika Berkarya dengan Software Bajakan!” dan Rizal Arief Kurniawan mengatakan “Silahkan pake software bajakan kalo ingin hidupmu susah !” (Sumber: https://www.foss-id.web.id/2010/03/01/desain-grafis-pake-open-source-gimp-inkscape-ga-masalah/)

Jika ingin menggunakan file poster dalam format layer (*.xcf) untuk berbagai kegiatan sosialisasi FOSS silahkan diunduh di:
https://www.4shared.com/file/231621574/8829c3ec/poster-1-Pake_Bajakan_kok_bang.html

oleh: ARW