SMAN 2 Surabaya, Juara Lomba KADARKUM FH Universitas Surabaya fadjar February 25, 2010

SMAN 2 Surabaya, Juara Lomba KADARKUM FH Universitas Surabaya

Telah dilangsungkan lomba Kesadaran Hukum (kadarkum) Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Antar Sekolah Lanjut Atas se-kota Surabaya, sejak 13-20 Februari 2010. Kegiatan yang diprakarsai oleh FH Ubaya ini melibatkan 31 tim. Lomba ini sengaja diadakan untuk mensosialisasikan kadarkum, khususnya HAKI. ‘Kadarkum di bidang HKI ini sendiri merupakan bidang yang baru bagi siswa,’; ujar H. Sudarsono, SH, MS selaku Ketua Panitia.

Lomba ini dilaksanakan dengan pemberian materi, eliminasi dan lomba. Dimana dari 31 tim itu di eliminasi menjadi 18 tim melalui tes tertulis berupa menjawab pertanyaan dari materi sosialisasi. Dan dari 18 tim itu di lombakan selayaknya cerdas cermat hingga menyisakan 6 tim di partai final.
Lomba ini mengundang para dewan juri dari FH Ubaya, yakni Irta Windra Syahrial, SH, MS, Dr Yoan Nursari Simanjuntak, SH, MHum, Elly Hernawati, SH, MHum dan Henny Handriati, SH, MHum dari Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Jawa Timur serta Naib, SH dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya. ‘Deg-degan rasanya waktu eliminasi dan lomba, karena kita berhadapan dengan materi hukum yang masih baru serta para dewan juri yang berkompeten di bidangnya,’ kata Muhammad Irfan Ardhani, peserta dari SMAN 2

‘Kemampuan peserta cukup bagus, dengan waktu sosialisasi hanya 2 jam pada 13 Februari, para peserta dapat memahami apa yang di sampaikan dari tim dosen HKI, hal ini terbukti dengan jawaban-jawaban yang mereka kemukakan cukup memuaskan,’ ungkap pria kelahiran Nganjuk, 2 Juni 1952.

Alhasil, tampil sebagai juara I tim dari SMAN 2 Surabaya, yang diwakili oleh Fil Ardhy Nurwantara, Muhammad Irfan Ardhani, Ayu Siti Munarwoh. Sementara itu, juara 2 di pegang oleh Frida Chusna A, Diah Ayu Fatmawati, Ratna Mira Yojana SMAN 16. Disusul urutan Juara 3 adalah SMA Margie Surabaya. ‘Seneng banget bisa ikut lomba kadarkum ini, karena bisa mendapat pengetahuan, pengalaman dan teman yang baru,’ kata Danny Boenadhi, peserta dari SMA Kr. Cita Hati. Serta bagi seluruh pemenang diberikan piagam, piala dan di berikan beasiswa masuk ke Ubaya tanpa test.

Pria yang hobby browsing ini menuturkan harapannya dengan adanya kegiatan ini, ‘Agar ada generasi muda yang tahu dan mau belajar untuk tidak melanggar HKI, selain itu juga merupakan bentuk dari FH untuk ikut memberikan pemahaman tentang HKI dan peduli pada penggunaan HKI.’ So, dengan diselenggarakan lomba ini mari bersama menjaga HAKI dan lebih sadar hukum. (art)