Dana Penelitian Hibah Bersaing diraih oleh Dosen Teknik Kimia Ubaya fadjar February 15, 2010

Dana Penelitian Hibah Bersaing diraih oleh Dosen Teknik Kimia Ubaya

Setelah melalui kompetisi yang ketat, proposal penelitian yang diajukan oleh Putu Doddy Sutrisna, S.T., M.Sc. dan Farid Sri Lingganingrum, S.Pt., M.Si., dosen Jurusan Teknik Kimia berhasil memperoleh dana di tahun 2010. Putu dan Farid mengajukan proposal Hibah Bersaing ke Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Dikti.

Proposal yang mereka ajukan berjudul Pemanfaatan Teknologi Premix Membrane Emulsification dalam Proses Pengolahan Limbah Emulsi Minyak dalam Air. Penelitian yang akan dikerjakan ini merupakan penelitian lanjutan dari Penelitian Dosen Muda Dikti yang mereka lakukan di tahun 2008 lalu.

Pada penelitian ini Putu dan Farid akan berupaya untuk memanfaatkan teknologi membran, khususnya mikrofiltrasi dalam mengolah limbah emulsi minyak dalam air sekaligus memproduksi emulsi yang berukuran seragam. Rencananya penelitian ini akan dilakukan selama 2 tahun di Laboratorium Polimer dan Membran Jurusan Teknik Kimia Ubaya. Total dana yang diajukan adalah sebesar Rp 90 juta.

Sukses ini merupakan sukses lanjutan bagi Jurusan Teknik Kimia Ubaya setelah tahun lalu dosen lainnya yaitu Emma Savitri, S.T., M.Sc., Yunus Fransiscus, S.T., M.Sc., dan Dr.rer.nat. Maria Prihandrijanti juga berhasil memperoleh dana Hibah Bersaing untuk dua topik penelitian mereka.

Selain dana penelitian, dosen-dosen Teknik Kimia Rudy Agustriyanto, S.T., M.Sc. Ph.D., Akbarningrum, S.T., M.Sc., dan Ir. Puguh Setyopratomo, M.T. juga telah berhasil memperoleh dana seminar internasional dari DP2M Dikti. Dana ini telah memungkinkan mereka untuk melaksanakan seminar di Belanda dan Amerika Serikat.

Semoga sukses ini dapat memacu kuantitas dan kualitas karya penelitian dosen di Ubaya.