Oleh-oleh dari Yogyakarta fadjar May 20, 2009

Oleh-oleh dari Yogyakarta

Universitas Gadjah Mada kembali mengadakan Gadjah Mada Accounting Days yang berlangsung pada 15-16 Mei 2009 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Lomba akuntansi ini diikuti oleh 41 tim dari 25 universitas se-Indonesia diantaranya Universitas Parahyangan Bandung, Universitas Tarumanegara, Universitas Kristen Petra, Universitas Katolik Widya Mandala dan masih banyak lagi. Jurusan Akuntansi Universitas Surabaya mengirimkan 3 tim yaitu Ubaya 1: Melinda Steffani, Ivonne Hartati Y, Maria Vanessa; Ubaya 2: Paul Raymond Widjaja, Katherine Rolanda, Yohanes Ezra H; Ubaya 3: Melani Tirta Limanto, Fanny Purnamadewi, Alan Diana dengan didampingi oleh Dosen Pendamping Ibu Riesanti Eddie Wijaja SE,Ak.MSi. Proses seleksi berlangsung sangat ketat dimana hanya akan diambil 9 tim dari 41 tim untuk mengikuti babak semifinal.

Pada babak penyisihan, setiap tim wajib melewati 3 tahap, yaitu individu, tim-praktikum, tim-pilihan ganda. Setiap anggota tim pada tahap individu wajib memilih soal akuntansi keuagan menengah, akuntansi biaya dan akuntansi manajemen, atau perpajakan. Sedangkan pada tahap selanjutnya, tiap tim harus mengerjakan 2 soal praktikum, kemudian tim juga harus mengerjakan 100 soal pilihan ganda. Dari babak penyisihan, ketiga tim Universitas Surabaya lolos ke babak semifinal, dengan peringkat 6, 7, dan 8 masing-masing diraih oleh tim Ubaya 3, Ubaya 2, dan Ubaya 1. Keesokan harinya, ketiga tim Ubaya harus melalui 5 tahap, yaitu “paper based test”, “crossword”, “video case”, “you can choose”, dan “clue games”. Setiap 3 tim akan dikelompokkan dalam 1 ruangan yang berbeda dari kelompok lainnya. Skor dari 5 tahap ini diakumulasikan untuk menentukan 3 tim dengan skor terbesar.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, 5 skor tertinggi diraih secara berurutan oleh Universitas Kristen Petra, disusul oleh Universitas Tarumanegara, Universitas Surabaya tim 2, Universitas Surabaya tim 1, dan Universitas Surabaya tim 3. Dengan demikian yang masuk dalam babak final adalah tim Universitas Kristen Petra, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Surabaya (tim 2).

Pada babak final, setiap tim wajib melalui tahap head to head, menjawab 20 soal tim, 30 soal rebutan, dan presentasi tim. Setelah melalui tahapan yang sangat menegangkan, akhirnya ditetapkan Universitas Tarumanegara sebagai Juara I, Universitas Kristen Petra sebagai juara II, dan Universitas Surabaya sebagai juara III. Proficiat kepada para duta Jurusan Akuntansi yang telah berlaga diberbagai ajang lomba nasional akuntansi di Indonesia.