Ubaya Kirim Mahasiswa ke Australia fathulhusnan May 12, 2009

Ubaya Kirim Mahasiswa ke Australia

SURABAYA – Tiga mahasiswa Universitas Surabaya peraih Ubaya International Scholarship resmi dilepas pihak universitas akhir pekan ini. Ketiga mahasiswa tersebut selanjutnya menempuh pendidikan selama satu semester di Flinders University dengan beasiswa penuh.

Acara pelepasan yang berlangsung di Gedung International Village Ubaya, Jumat (8/5), dihadiri rektor Ubaya Wibisono Hardjopranoto, Direktur kantor hubungan International Adi Tedjakusuma, Dekan Fakultas Ekonomi Sujoko Efferin, Manajer Australian Education Center (AEC) Josephine Ratna dan para orang tua mahasiswa peraih beasiswa tersebut.

Wibisono mengatakan, beasiswa ini merupakan beasiswa penuh ke luar negeri pertama yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi. Karena itu Wibisono berpesan, para mahasiswa hendaknya menjaga nama baik Indonesia selama di Flinders University. Wibisono juga ingin ketiga mahasiswa membangun kemitraan untuk adik-adik kelasnya nanti.

‘Sebagai duta Indonesia dan duta Ubaya, kalian harus menjaga nama baik kita,’ kata Wibisono.

Adi menjelaskan, program beasiswa merupakan kerjasama antara Flinders University dengan Ubaya. Dalam kerjasama ini, Flinders University menanggung pendidikan selama satu semester. Sementara ubaya menanggung biaya transportasi ke australia dan biaya hidup selama di sana.

Melalui jaminan tersebut, ketiga mahasiswa yang berangkat ke Australia tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun. Dalam program ini, lanjut Adi, mahasiswa yang berangkat akan mendapat sertifikat sebagai mahasiswa pertukaran pelajar. Karena kuota hanya diperuntukkan bagi tiga mahasiswa, Ubaya menggelar seleksi pada 13 April lalu. (rey)

Dikutip dari Surabaya Post 10 Mei 2009