Warta Ubaya Berbagi Ilmu Jurnalistik fadjar January 24, 2009

Warta Ubaya Berbagi Ilmu Jurnalistik

Antusiasme terpancar jelas dari wajah para siswa saat kru Warta Ubaya (WU) tiba di SMA Kr Kalam Kudus Malang. Kedatangan kru WU dalam rangka memberi pelatihan jurnalistik bagi para siswa ini berlangsung selama dua hari, tepatnya 23-24 Januari 2009. ‘Kami sangat berterima kasih atas kesediaan kru WU untuk hadir memberi pelatihan jurnalistik,’ ujar Kepala Sekolah Herawati Dewiani dalam sambutannya pagi itu.

Setelah dibuka oleh sambutan dari kepala sekolah dan pertukaran souvenir, giliran Aloysius Jondar selaku penanggung jawab WU yang memberikan materi. ‘Menulis harus semaksimal mungkin agar maknanya bisa tersampaikan kepada pembaca,’ ujar Aloysius. Tak hanya mempelajari teori, para siswa juga mempraktekkan ilmu menulis artikel.

Acara pun dilanjutkan dengan pemberian materi seputar fotografi oleh Bendot Kasnadianto, manajer usaha WU. Tak lupa, para siswa juga diajari cara membuat profil serta teknik wawancara oleh Nicholas Aryasetiawan dan Ruth Stephanie selaku kru WU. Hari pertama pelatihan diakhiri dengan pemberian hadiah untuk para siswa yang artikelnya menarik.

Hari kedua berjalan tidak kalah seru. Dimulai dengan pemberian materi dari Aloysius, para siswa kemudian diajari membuat tabloid sekolah menggunakan Adobe Photoshop dan Pagemaker. Seperti pada hari pertama, bagi para siswa yang tabloid buatannya menarik akan mendapatkan hadiah. Tak terasa waktu cepat berlalu, pelatihan jurnalistik pun telah berakhir ‘Semoga pelatihan ini bisa berguna bagi kami, sehingga usaha teman-teman WU tidak sia-sia,’ tutup Herawati. (nic)