Akuntansi Ubaya mengukir prestasi dalam Balanced Scorecard Competition fadjar December 1, 2008

Akuntansi Ubaya mengukir prestasi dalam Balanced Scorecard Competition

Selang seminggu sejak prestasi di Universitas Widyatama – Bandung, perwakilan jurusan Akuntansi FE UBAYA kembali mendulang prestasi. Prestasi ini diraih dalam ajang Brawijaya Accounting Fair 2008 dengan tema Balanced Scorecard Competition yang diadakan oleh Universitas Brawijaya ndash; Malang. Juara 3 Piala Menteri Keuangan tersebut berhasil diraih oleh Tim 1 Ubaya yang beranggotakan Fanny Purnamadewi (2006), David (2006), dan Paul Raymond Widjaja (2006). Sementara itu, Tim 2 Ubaya yang terdiri dari Robertus Wibisono (2005), Anthony Christoper Kosasih (2005), dan Harianto (2004) juga sempat melaju ke babak 10 besar. Prestasi yang membanggakan ini tidak lepas dari bimbingan dosen-dosen pembimbing antara lain : Bu Dianne Frisco, Bapak Fidelis Arastyo Andono, dan Bapak Peter Counus. Beberapa rekan mahasiswa juga sangat membantu kedua tim, terutama dalam mempersiapkan slide presentasi..

Balanced Scorecard Competition ini diikuti oleh 22 tim dari seluruh universitas di Indonesia, antara lain Universitas Surabaya, UK Petra Surabaya, Institut Tekhnologi Surabaya, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Kanjuruhan Malang, STIE Malang Kucecwara Malang, Universitas Hasanudin Makassar, Universitas Negri Jakarta, Bakrie School of Management Jakarta, dan lain-lain. Perlombaan ini dimulai dari pengiriman soal yang dilakukan oleh panitia pada tanggal 17 November 2008. Tiap-tiap peserta lomba diberi kesempatan untuk membuat paper mengenai rancangan Balanced Scorecard yang diajukan dalam waktu 1 minggu. Kedua tim perwakilan Ubaya benar-benar harus bekerja keras hingga tengah malam dalam menyelesaikan paper tersebut mengingat masing-masing anggota tim memiliki aktivitas yang cukup padat. Pada tanggal 24 November 2008, masing-masing peserta diharuskan mengumpulkan paper yang telah dibuat. Revisi terhadap paper dilakukan pada tanggal 25 November 2008 setelah seluruh peserta mendapat informasi tambahan dari perwakilan perusahaan (PT Omega Poharmacy, red) yang menjadi kasus dalam soal yang diberikan panitia. Revisi tersebut dilakukan dalam waktu kurang lebih 3 jam. Pada hari itu juga akhirnya diumumkan tim-tim yang berhasil masuk 10 besar, yaitu 2 tim dari Universitas Brawijaya, 3 tim dari UK Petra, 2 tim dari Ubaya, 2 tim dari Bakrie School of Management, dan 1 tim dari Institut Tekhnologi Surabaya.

Tim yang berhasil masuk 10 besar wajib mempersiapkan presentasi yang akan disampaikan pada keesokan harinya. Presentasi dilakukan dalam waktu 10 menit, sedangkan tanya jawab dengan juri dilakukan dalam waktu 5 menit. Nilai presentasi akan diakumulasikan dengan nilai paper hasil revisi yang telah dikumpulkan. Dari total nilai tesebut, maka juri pada akhirnya memutuskan 3 juara. Juara 1 berhasil diraih oleh Universitas Brawijaya, juara 2 oleh UK Petra, dan juara 3 oleh Ubaya. (Poer)