Tim Black_Ant_TEUS terpilih sebagai tim dengan desain terbaik dalam KRCI 2008 fadjar June 16, 2008

Tim Black_Ant_TEUS terpilih sebagai tim dengan desain terbaik dalam KRCI 2008

Tim pemenang kontes robot yang diselenggarakan di Universitas Indonesia tahun ini lebih variatif dilihat dari asal perguruan tingginya. Kontes Robot Indonesia atau KRI dan Kontes Robot Cerdas Indonesia atau KRCI 2008 berakhir Minggu (15/6) siang.

Kalau dalam pertandingan serupa tahun 2007 tim-tim tuan rumah dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember mendominasi gelar juara Kontes Robot Indonesia 2007 dan Kontes Robot Cerdas Indonesia 2007 yang digelar di Graha ITS, Surabaya, tahun ini tim-tim pemenang berasal dari perguruan tinggi berbeda-beda.

Tahun ini, juara satu Kontes Robot Indonesia ialah tim JUMP-BE dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Untuk KCRI, pemenang pertama di Divisi Senior dengan kategori Robot Beroda ialah tim Du 114 V8 dari Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) dan untuk kategori Robot Berkaki dalam divisi serupa dimenangi oleh tim Rasyid dari Politeknik Caltex Riau.

Di Divisi Expert single, predikat juara satu jatuh kepada tim gho-Zie dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan di divisi Expert Swam pemenangnya ialah tim DU 102 dari Universitas Komputer Indonesia.

Tim Black _Ant_TEUS dari Universitas Surabaya terpilih sebagai tim dengan desain terbaik, DU 102 mendapat predikat sebagai tim dengan algoritma terbaik dan Preaten C 128 dari Universitas Indonesia sebagai best spirit. Tahun 2008 Indonesia kembali akan mengikuti kontes robot tingkat Internasional ABU ROBOCON 2008 di India. (INE/KOMPAS)

Sumber: Kompas, 16 Juni 2008