UBAYA Juga Usung Target Juara fathulhusnan June 9, 2008

UBAYA Juga Usung Target Juara

Final Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) baru dilaksanakan pada Sabtu (14/6) di kampus Universitas Indonesia (UI). Namun, sejumlah kampus asal Jatim telah bertekad memboyong juara di kompetisi robot paling bergengsi antarkampus itu.

Bukan hanya PENS-ITS yang sebelumnya telah memasang target mempertahankan juara. Peserta dari Universitas Surabaya (Ubaya) juga telah menebar target juara. Dua robot jagoan kampus tersebut, yakni Blue Duck-Teus dan Black Ant-Teus, diharapkan unggul di kelas masing-masing.

Untuk bisa menggondol gelar juara, tim robot Ubaya terus mematangkan dua robot tersebut. Mulai mengganti mekanik sampai mengubah gaya jalan robot. ‘Persiapan terus kami matangkan. Kami memang menarget juara di Jakarta,’ kata Ketua Jurusan Teknik Elektro Ubaya Nemuel Daniel Pah kemarin (8/6).

Dia menegaskan, pembenahan yang menonjol adalah mengganti mekanik robot. Tujuannya, akselerasi robot nanti bisa benar-benar supercepat dalam menemukan boneka hingga mematikan lilin. Termasuk, menambahkan semprotan air untuk tantangan mematikan api.

Selain itu, timnya mengubah gaya jalan robot Blue Duck-Teus. Semula, jalan robot tersebut megal-megol mirip bebek. Namun, kini tim itu memutuskan jalan robot tersebut menjadi jumpalitan. ‘Kalau begitu, jalannya lebih cepat,’ jelas pria 39 tahun tersebut sambil menunjukkan robot andalannya. (git/hud)

dikutip dari Jawapos, 9 Juni 2008