UBAYA Kembali Meraih Prestasi di Jogja fathulhusnan May 23, 2008

UBAYA Kembali Meraih Prestasi di Jogja

Salah satu rangkaian Gajah Mada Accounting Days 2008 adalah National Accounting Olympiad yang diikuti oleh perwakilan Universitas Surabaya. Event yang diselenggarakan oleh Universitas Gajah Mada (UGM) ini berlangsung selama dua hari, yaitu 16 dan 17 Mei 2008.

Kali ini, Jurusan Akuntansi UBAYA mengirimkan tiga tim delegasi. Tim yang pertama terdiri dari Ricky Halim, Fina Pandu Wijoyo, dan Hendric Gondokusumo. Sementara untuk tim kedua terdiri dari Paul Raymond, Melinda Stefani, dan Sisca Filiana. Dan, tim ketiga terdiri dari Yohanes Ezra, Nita Gunawan, dan Kathrine Rolanda. Tim kedua dan ketiga beranggotakan mahasiswa angkatan 2006, sementara tim pertama beranggotakan angkatan 2004.

Adapun prestasi yang dapat dicapai oleh perwakilan-perwakilan tersebut adalah juara pertama oleh tim pertama, juara kedua oleh tim kedua, dan semifinalis oleh tim ketiga. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dari Jurusan Akuntansi UBAYA. Tim pertama memperoleh trofi dari Sultan DIY dan tim kedua memperoleh trofi dari Rektor UGM.

Perjuangan yang ditempuh selama dua hari itu memberikan beban yang berat sejak hari pertama. Pada hari pertama terdiri dari empat babak yang harus dilalui oleh semua peserta. Untuk babak pertama, setiap individu mengerjakan soal berupa pilihan ganda selama 90 menit. Pada babak kedua, kembali harus mengerjakan soal pilihan ganda selama 45 menit, namun pada babak ini setiap peserta bekerja sama dalam tim. Selanjutnya, pada babak ketiga setiap tim mengerjakan soal berupa essay sebanyak 10 soal dalam waktu 15 menit. Berikutnya babak terakhir pada hari pertama adalah babak dimana setiap individu mengerjakan soal secara estafet. Setelah melalui hari pertama dengan cukup baik, semua tim dari UBAYA berhasil lolos ke hari berikutnya.

Pada hari kedua, babak yang pertama harus dijalani adalah sesi debat. Pada sesi debat ini, salah satu delegasi UBAYA mengalami kegagalan. Selanjutnya dua tim selanjutnya berhasil melaju ke babak Cerdas Cermat. Pada Cerdas Cermat kali ini hanya tersisa enam tim, yaitu 2 tim dari UBAYA, Universitas Widya Mandala, Universitas Airlangga, Universitas Sanatha Darma, dan Universitas Tarumanagara. Setelah melalui babak Cerdas Cermat ini, hanya tiga tim yang tersisa, yaitu dua dari UBAYA dan Unair.

Di babak akhir, tiap peserta mengerjakan kasus terkait ”Penerapan IFRS pada PSAK 16”. Pengerjaan kasus diberikan selama 1 jam dan presentasi selama 20 menit. Akhirnya diperoleh hasil bahwa juara 1 diraih UBAYA 1, juara 2 diraih UBAYA 2, dan juara 3 diraih Unair.