Jurusan Akuntansi UBAYA Mengadakan Pelatihan Akuntansi Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) fathulhusnan April 21, 2008

Jurusan Akuntansi UBAYA Mengadakan Pelatihan Akuntansi Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Dalam rangka pengabdian bagi masyarakat, Jurusan Akuntansi Universitas Surabaya akan menyelenggarakan ‘Pelatihan Akuntansi Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM),’ pada 22 sampai dengan 25 April 2008.

Mengapa Jurusan Akuntansi UBAYA menyelenggarakan pelatihan ini? ‘Secara umum UKM merupakan usaha yang terdapat di semua sektor ekonomi serta membuka lapangan usaha tanpa harus mempunyai jenjang pendidikan yang tinggi maupun keahlian yang khusus, sehingga kontribusinya sangat besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Agar kondisi seperti ini tetap konstan, bahkan meningkat secara signifikan, maka kami akan memperkenalkan konsep akuntansi kepada UKM,’ secara jelas Bapak Fidelis Arastyo Andono, SE., M.M, Ak. selaku ketua penyelenggara peletihan ini menjelaskan.

Ruang lingkup konsep akuntansi yang akan diperkenalkan meliputi pengetahuan dan konsep dasar akuntansi. Dengan mengenal secara gamblang tentang konsep dasar akuntansi tersebut, diharapkan para peserta yang berasal dari berbagai jenis usaha ini dapat memperoleh gambaran tentang bagaimana menyajikan informasi keuangan yang dapat dipercaya dan berdaya guna. Diharapkan pengetahuan ini juga membuka wawasan tentang manfaat informasi keuangan dalam rangka pengolahan dan pengoperasian suatu unit usaha. Juga memberikan awareness bahwa tertib pembukuan dan administrasi sangat berguna bagi UKM itu sendiri, baik berguna dalam membantu pengelolaan aktivitas usaha maupun berguna jika diperlukan untuk berinteraksi dengan pihak luar, seperti Bank, instansi pemerintah, dinas
perpajakan dan lain sebagainya.

Karena perkembangan teknologi informasi saat ini, tidak memadai bagi UKM untuk menyelenggarakan akuntansi hanya dengan metode manual, melainkan dengan dilengkapi metode computerized, maka di dalam pelatihan ini Jurusan Akuntansi UBAYA juga akan memperkenalkan aplikasi konsep akuntansi menggunakan software Microsoft Excel.

Para peserta (pengusaha Kecil dan Menengah) pelatihan ini beragam, mulai dari usaha garment, kerajinan, makanan, sampai dengan usaha furniture. Yang seluruhnya berjumlah 23 orang.

Singkat kata, dengan diselenggarakannya ‘Pelatihan Akuntansi Bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM),’ panitia penyelanggara mengharapkan kontribusi serta partisipasi para pengusaha Kecil dan Menengah dalam memajukan perekonomian Indonesia, yang pada mengarah pada kesejahteraan hidup kita bersama.