Peran serta aktif Ubaya dalam International Conference “Connecting Asia with the rest of the world” di Singapura fathulhusnan December 17, 2007

Peran serta aktif Ubaya dalam International Conference “Connecting Asia with the rest of the world” di Singapura

Pada Bulan Desember 2007, satu lagi kesempatan diperoleh salah satu dosen Universitas Surabaya yaitu Bpk Gunawan, MBA, Ph D Staff Pengajar dari Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri untuk mempresentasikan makalah dan hasil penelitian pada International Conference yang dilangsungkan pada tanggal 2 ndash; 5 Desember 2007 di Furama River Front Hotel, Singapura. Latar belakang dari diadakannya International Conference tersebut adalah dengan kesadaran bahwa adanya globalisasi ataupun perubahan yang sangat cepat dari profesi Teknik Industri dan juga Manajemen Teknik, maka tema yang diambil untuk International Conference ini adalah “Connecting Asia with the rest of the world”. Konferensi ini sebenarnya sudah dibuka dan dimulai semenjak tahun 1994 dengan tujuan untuk mempromosikan pertukaran ide dan juga kolaborasi antara para Insinyur Teknik dan juga para Manajer Teknik dari berbagai Negara. Konferensi Internasional ini diorganisir dan diselenggarakan oleh IEEE Engineering Management Society Singapore Chapter. Organisasi ini telah berhasil menyelenggarakan beberapa konferensi internasional seperti IEMC 2004 dan juga ICMIT 2006 baru ndash; baru ini.

Response yang diberikan terhadap penyelenggaraan konferensi ini sangat luar biasa. Committee menerima lebih dari 800 full paper dari sekitar 50 negara seperti China, Israel, Iran, Australia, USA, Prancis, UK, Brazil, dan Afrika Selatan. Tiap ndash; tiap makalah/paper yang dipresentasikan diajukan ke 3 ndash; 4 orang penilai yang terdiri dari 2 orang anggota program committee dan 1 atau 2 orang volunteer/pengarang. Dari 800 full paper yang masuk, diseleksi dan pada akhirnya hanya sekitar 360 yang diterima yang dipresentasikan dalam 60 sesi pararel. Presentasi makalah/penelitian diklasifikasikan ke dalam 25 area disiplin Ilmu Teknik Industri sebagai contoh:
1) E-business and E-Commerce
2) Supply Chain Management
3) Operations Research
4) Manufacturing systems
5) Technology and Knowledge Management

Paper yang dipresentasikan oleh Bpk. Gunawan termasuk ke dalam area E-commerce E-Business dengan mengambil judul “Does Business Format Matter? Performance Measurement and Internet Retail Format”. Makalah/Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana Internet Retailers menentukan kinerja mereka dan bagaimana penentuan kinerja ini dapat meningkatkan performa bisnis mereka. Sebagai tambahan, penelitian ini juga mempelajari apakah dengan adanya perbedaan dalam format bisnis (dengan atau tanpa kehadiran sebuah toko secara fisik) terhubung dengan penentuan kinerja dan juga performa bisnis. Penelitian ini telah berkontribusi secara teoritis dengan menyediakan hasil nyata tentang efek pengukuran kinerja, khususnya pada bisnis online. Penelitian tersebut memberikan sumbang saran dan sekaligus memberikan feedback kepada para Internet retailers bagaimana mereka bisa mengevaluasi kemajuan bisnis mereka.

Keterlibatan Bpk. Gunawan dalam konferensi internasional tersebut dirasakan cukup membanggakan dimana Bpk. Gunawan dapat terlibat sebagai sukarelawan penilai untuk mereview 2 makalah yang dipresentasikan pada International Conferece tersebut. Bpk. Gunawan juga terlibat sebagai session chair dalam sesi pararel E-Commerce and E-Business. Atas keterlibatan langsung Bpk. Gunawan dalam konferensi tersebut, beliau mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke PSA (Port Authority of Singapore), salah satu pelabuhan terpadat di dunia dan merupakan suatu tempat di mana penerapan disiplin ilmu Teknik Industri dan juga Manajemen Teknik dapat digunakan secara luas.

Dengan adanya Konferensi Internasional yang cukup bergengsi ini semoga bisa membawa perubahan yang cukup signifikan untuk kemajuan ilmu pengetahuan teknik industri baik dari sisi jurusan/ fakultas secara khusus maupun dari sisi universitas secara umum, sehingga dengan berbagi ilmu dan pengetahuan dapat membuka suatu wawasan baru mengenai bidang teknik industri. Dengan keikutsertaan Bpk. Gunawan dalam Konferensi Internasional ini maka diharapkan bisa semakin mendorong daya kompetisi di antara para dosen Universitas Surabaya untuk bisa mendapatkan kesempatan serupa guna lebih bisa memajukan dunia pendidikan pada umumnya.

[HI]