Kerjasama Internasional Baru dengan Dua Universitas di Cina fathulhusnan November 5, 2007

Kerjasama Internasional Baru dengan Dua Universitas di Cina

Sebagai wujud nyata dari komitmen Ubaya untuk terus meningkatkan profil internasionalnya, bulan Oktober lalu, Ubaya telah menandatangani dua kesepakatan kerjasama (MoU) internasional baru dengan 2 universitas terkemuka di Cina yaitu Guangxi University dan Zhejiang Gongshang University.

Secara umum, program-program kerjasama yang disepakati dalam MoU tersebut meliputi:

middot; Joint research projects

middot; Collaborative staff development programs

middot; Exchange of staff, students, publications and other academic information

middot; Collaborative development of international and transnational programs

Sebagai universitas terkemuka, Guangxi University telah berhasil melahirkan seorang pemenang Penghargaan Nobel (Nobel Prize) di bidang fisika pada tahun 1957 yaitu Prof. Yang Zhenning. Saat ini universitas yang terletak di Nanning, ibu kota propinsi Guangxi ini memiliki 18 fakultas dengan populasi mahasiswa sekitar 20,000 orang.

Sedangkan, Zhejiang Gongshang University adalah salah satu universitas negeri terkemuka di Cina. Universitas ini terletak di Hangzhou, ibu kota propinsi Zhejiang, Cina. Dirintis sejak tahun 1911, saat ini universitas ini menawarkan lebih dari 40 program studi termasuk program internasional yang diajarkan dalam bahasa Inggris dengan jumlah mahasiswa kurang lebih 21.000 orang.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi maupun manfaat bersama, terutama bagi peningkatan profil internasional dari masing-masing universitas, mengingat tidak dapat dipungkiri pentingnya profil internasional bagi sebuah universitas.

berita oleh: Kantor Hubungan Internasional