Dua Mahasiswa Fakultas Teknik Ubaya Sabet Juara di ITS Bridge Challenge 2024 laurentiusivan October 14, 2024

Dua Mahasiswa Fakultas Teknik Ubaya Sabet Juara di ITS Bridge Challenge 2024

Minggu pagi (06/10), dua mahasiswa Universitas Surabaya berhasil meraih Juara 1 turnamen nasional di bidang olahraga Bridge, ITS Challenge 2024. Kedua mahasiswa membanggakan tersebut berasal dari Fakultas Teknik Ubaya. Mereka adalah Rachel Abiyu Setiawan dari program studi Sistem Informasi dan Ramadhani Setiawan dari program studi Teknik Informatika. Turnamen tersebut diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bridge Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang bertajuk “Game of Thrones” bertempat di Hall Menara Sains, Lantai 1, ITS Surabaya.

Rachel mengatakan kompetitor terberat berasal dari daerah asalnya, yaitu Nganjuk. Sebab, ia sering berlatih bersama rekannya di Nganjuk dan telah mengetahui gaya bermain rivalnya. Ia mengaku sempat khawatir, namun ia dan Ramadhani, pasangan timnya, memilih tetap fokus saat turnamen berlangsung. Ia juga menambahkan, sikap yang diambilnya selama bertanding adalah “having fun” sehingga tidak terbebani oleh tuntutan juara dan fokus menyelesaikan turnamen dengan maksimal.

“Saat bertanding, kami lebih fokus mengamati strategi lawan lalu menganalisis untuk temukan kelemahannya. Dari situ kami pelajari dan menyusun taktik yang cocok,” ujarnya.

Dengan masa persiapan dua minggu, kedua mahasiswa tersebut berlatih setiap siang atau malam hari untuk membangun kekompakan dan mengevaluasi strategi yang sudah digunakan saat berlatih. Saat bertanding, Ramadhani mengungkapkan lebih fokus pada pengamatan karakter dan kelemahan lawan. Berkat latihan dan evaluasi itulah, mereka berhasil mengalahkan 33 pasangan lainnya.

“Latihan kami gunakan untuk menentukan taktik, bangun chemistry juga. Tantangannya sering miss-komunikasi. Setelah miss-kom, kami bahas supaya tidak terjadi lagi. Untungnya selama lomba tidak ada miss-komunikasi,” tambahnya.

Kedua mahasiswa tersebut mengaku senang dan bangga saat berhasil memenangkan Juara 1 ITS Challenge 2024. Berkat apresiasi dari teman-temannya, Rachel dan Ramadhani bertekad dan termotivasi untuk melaju ke Kejurnas Bridge 2024 di tingkat Provinsi dan Nasional, November mendatang. Mereka juga mengajak mahasiswa Universitas Surabaya untuk bergabung di UKM Bridge Universitas Surabaya. Harapannya, UKM Bridge Universitas Surabaya dapat mencetak prestasi-prestasi gemilang lainnya. (sha)

Berikut profil tim mahasiswa pemenang Juara 1 ITS Challenge 2024 “Game of Thrones

  • Rachel Abiyu Setiawan, Prodi Sistem Informasi, Fakultas Teknik alumni SMA Negeri 1 Sukomoro Nganjuk
  • Ramadhani Setiawan, Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Keduanya merupakan alumni dari SMA Negeri 1 Sukomoro Nganjuk