Mahasiswa Ubaya Ciptakan Busana “Si Panji” di Kompetisi Busana Upcycle Competition laurentiusivan October 7, 2024

Mahasiswa Ubaya Ciptakan Busana “Si Panji” di Kompetisi Busana Upcycle Competition

Mahasiswa Universitas Surabaya Fakultas Industri Kreatif Jurusan Desain Fashion dan Produk Lifestyle berhasil menyulap kain bekas menjadi busana baru. Tangan-tangan ajaib kelima mahasiswa dan satu dosen Universitas Surabaya tersebut berhasil meraih Juara 2 pada Upcycle Competition bertajuk “Heritage Trendversity” 2024 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang.

International Roadshow Heritage Trendversity 2024 Fashion Exhibition merupakan ajang kompetisi dan ekshibisi untuk menciptakan busana berbahan utama dari baju bekas dan kain bekas menjadi busana baru yang “Ready to Wear”. Kompetisi tersebut berlangsung sejak 11 Agustus-20 September 2024 dan diikuti sekitar 15 peserta perwakilan dari universitas se-Indonesia.

Tim “Past Explorer” yang mewakili Universitas Surabaya tersebut mengaku telah menghabiskan waktu selama 2 minggu untuk mempersiapkan “Si Panji”, konsep busana yang terinspirasi dari Raden Panji, mulai dari mengumpulkan bahan, mendesain, hingga mengeksekusi bahan. Dengan durasi pengerjaan selama satu minggu, busana baru telah berhasil diciptakan dan siap melenggang di panggung kompetisi.

“2 minggu sebelum lomba kita telah mengumpulkan bahan-bahan untuk membuat pakaiannya serta mendesain dan mengkonsep. Lalu pengerjaan seminggu sebelum tampil di Universitas Malang, sebelum hari-H kita telah menyelesaikan semuanya,” ujar Johan.

Rasa percaya diri yang diyakininya patut diacungi jempol. Berkat keyakinan dan usaha yang maksimal, tim perwakilan Universitas Surabaya berhasil mencetak prestasi, sekaligus diwarnai oleh peristiwa lucu dan menggelitik. Johan Febriawan Sanjaya, salah satu anggota sekaligus peraga busana seringkali tersandung rok dan hampir jatuh sehingga mengundang tawa rekan-rekan timnya. Selain itu, cerita hampir tertinggal bus karena antusiasme pada pameran lainnya juga menjadi cerita menarik yang tidak akan terlupakan.

“Saat jalan, terkadang saya kesandung rok yang saya pakai dan ingin jatuh, sehingga teman saya menahan tawa, dan saat mau pulang, saya dengan beberapa teman hampir di tinggal bus karena kita sedang melihat-lihat pameran di lantai 7, dan harus lari-lari turun karena lift di sana sangat lama,” ujarnya.

Berkat pengalaman yang berharga inilah, Johan dan rekan-rekan timnya bertekad ingin mencetak prestasi di lomba-lomba berikutnya. Mereka juga membagikan semangatnya untuk civitas akademica Universitas Surabaya untuk berani ambil resiko dan melewati rintangan baru. (sha)

 

Berikut profil singkat Tim “Past Explorer” yang berhasil meraih Juara 2 Heritage Trendversity Upcycle Competition 2024:

  • Siti Zahro, S.Pd., M.Pd., Ph.D, Dosen Prodi Desain Fashiondan Produk Lifestyle, Fakultas Industri Kreatif
  • Johan Febriawan, Prodi Desain Fashiondan Produk Lifestyle, Fakultas Industri Kreatif asal SMA Kristen Dharma Mulya
  • Dian Meylani Kafiar, Prodi Desain Fashiondan Produk Lifestyle, Fakultas Industri Kreatif asal SMAK Kolese Santo Yusup Malang
  • Emily Jocelyn, Prodi Desain Fashiondan Produk Lifestyle, Fakultas Industri Kreatif asal SMAK Kalam Kudus
  • Rukmini Ningsih, Prodi Desain Fashiondan Produk Lifestyle, Fakultas Industri Kreatif asal MAN Sumenep
  • Maria Barek Botoor, Prodi Desain Fashiondan Produk Lifestyle, Fakultas Industri Kreatif asal SMK Negeri 3 Kupang