Lulusan S1 Teknobiologi Ubaya Dapat Beasiswa Studi Lanjut di Jepang laurentiusivan July 4, 2024

Lulusan S1 Teknobiologi Ubaya Dapat Beasiswa Studi Lanjut di Jepang

Alumnus Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya), Precella Silvia, mendapat beasiswa studi lanjut S2 di University of Tsukuba Jepang dengan program Master’s in Medical Sciences. Ia mendapat beasiswa dari pemerintah Jepang bernama Monbukagakusho (MEXT) U to U.

Precella menyebut, syarat untuk mendapat beasiswa S-2 di Jepang adalah membuat research proposal yang akan dilakukan selama berkuliah di Jepang. “Riset yang saya kerjakan linear dengan tugas akhir S-1. Sehingga pembelajaran di Fakultas Teknobiologi, khususnya bioteknologi kesehatan menjadi pintu awal saya untuk berkuliah jurusan medical science,” jelasnya.

Ia mengaku telah menyiapkan pendidikan S-2 di luar negeri sejak semester 5. Semanjak kuliah S-1, Precella telah mengikuti praktikum-praktikum yang ada di Fakultas Teknobiologi. Hal itu membantunya untuk memahami banyak hal terkait riset untuk S-2. “Ubaya berperan besar dalam memberikan fasilitas yang mempermudah saya untuk mendapat beasiswa. Para dosen juga memberikan materi-materi yang berkolerasi dengan materi yang diajarkan di Jepang,” imbuhnya.

Ubaya berkomitmen menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi setara dengan lulusan luar negeri. Komitmen ini diupayakan melalui pengembangan kurikulum yang mengedepankan wawasan internasional. Kompetensi yang dibutuhkan untuk berdaya saing di luar negeri telah didapatkan mahasiswa selama kuliah dalam kurikulum future-ready package. (el)