Lulusan Doktor Psikologi Ubaya, Teliti Pembelajaran Taruna Akademi Angkatan Laut laurentiusivan May 31, 2024

Lulusan Doktor Psikologi Ubaya, Teliti Pembelajaran Taruna Akademi Angkatan Laut

Program Doktor Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar sidang ujian terbuka promosi doktor ke-9 untuk promovenda, Mayor laut (KH/W) Dewi Nurnindyah, S.Psi., M.SI., Psikolog. Kegiatan dilaksanakan pada Rabu (22/5/2024) di Gedung Perpustakaan lantai 5, Kampus Ubaya Tenggilis.

Dewi mempresentasikan disertasi berjudul “Model Keterlibatan Taruna AAL (Akademi Angkatan Laut) dalam Pembelajaran Ditinjau dari Motivasi Akademik, Efikasi Diri Akademik, dan Dukungan Motivasional Dosen”. Penelitian ini dilakukan bersama Promotor Dr. Andrian Pramadi, M.Si., Psikolog dan Ko-Promotor Dr. Lena N. Pandjaitan, M.Ed., Psikolog.

Penelitian Dewi dilakukan dalam setting pendidikan militer, yakni pendidikan pertama calon Perwira TNI AL (Angkatan Laut) dari sumber akademi. Para perwira TNI AL lulusan akademi diproyeksikan dapat memperkuat kekuatan angkatan laut dan kekuatan laut sebagai komponen utama terkait yang harus dimiliki guna membangun Indonesia sebagai negara maritim. Namun, keterlibatan siswa dalam pendidikan militer di Indonesia khususnya pada Taruna AAL belum pernah diteliti.

“Penelitian ini melibatkan 514 Taruna AAL di Indonesia. Hasilnya, keterlibatan dalam konteks pendidikan Taruna AAL dipengaruhi oleh dukungan motivasional dosen, efikasi diri akademik dan mastery goal orientation. Hal ini disebabkan karena kultur yang ada dalam konteks pendidikan AAL menitikberatkan pada penguasaan kompetensi dan situasi pembelajaran yang saling mendukung sebagai satu kesatuan. Selain itu, fokus pendidikan vokasi di AAL bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang harus dikuasai oleh Taruna AAL sebagai seorang Perwira TNI AL,” jelasnya.

Implikasi penelitian ini adalah peranan dosen di AAL memiliki pengaruh yang signifikan dalam proses pembelajaran. Selain itu, peranan dosen di AAL juga signifikan dalam meningkatkan aspek personal Taruna dalam hal efikasi diri akademik dan mastery goal orientation. Sehingga, akan meningkatkan keterlibatan Taruna AAL dalam pembelajaran sehingga mampu mewujudkan Perwira TNI AL yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas.

Promotor Dr. Andrian Pramadi, M.Si., Psikolog menyebut penelitian tentang AAL menjadi menarik karena sangat dinamis. Ia pun bertanya, “Nantinya penelitian-penelitian seperti apa yang akan membuat AAL lebih baik dalam pertumbuhannya sebagai institusi pendidikan?”

Mengenai hal ini, Dewi menjawab, ia sangat tertarik untuk membuat banyak penelitian terkait AAL. “Salah satunya saya ingin meneliti faktor sosial pengaruh teman sebaya dan kakak tingkat selama masa pendidikan karena menurut saya ada hubungan yang signifikan,” pungkasnya. (el)