Manfaat Tersenyum, Meski Hanya Pura-Pura laurentiusivan April 19, 2024

Manfaat Tersenyum, Meski Hanya Pura-Pura

Tersenyum memang mudah dilakukan. Namun tidak semua orang yang tersenyum dalam kondisi benar-benar bahagia. Kalau dalam dunia psikologi ada dua senyuman. Senyuman tulus dan senyum sopan. Senyuman tulus terjadi secara spontan, keluar dari dalam hati. Senyuman tulus ini dipercaya dapat menciptakan energi positif. Sementara pada senyum sopan, senyum ini biasanya hanya sekadar menunjukkan keramahan. Walaupun sama-sama tersenyum, ekspresi wajah seseorang ketika sedang tersenyum tulus atau tersenyum sopan bisa dibedakan.

Walaupun senyuman kerap dikaitkan sebagai gestur yang menunjukkan kebahagiaan, namun tak jarang pula senyuman dilakukan untuk menghibur diri saat sedih. Menurut Psikolog Universitas Surabaya, senyuman dibuat-buat pun tak sepenuhnya buruk. Ketika seseorang berpura-pura tersenyum, secara tidak langsung dapat memicu kebahagiaan dalam diri.

“Senyuman kita yang tulus itu juga akan memicu hormon kebahagiaan. Kita sering mengenal hormon kebahagiaan itu hormon endorfin. Itu juga akan berpengaruh pada kondisi psikologis kita. Kita pun jadi lebih bahagia, lebih senang, dan lebih tenang. Selain itu juga memicu hormon serotonin. Hormon ini akan meningkatkan imun sistem kita. Sehingga secara tidak langsung berdampak pada kesehatan kita,” ujar Monique Elizabeth Sukamto.

Sumber : CNN Indonesia

Link : https://www.youtube.com/watch?v=VUZC5yX6CQA