Doktor Baru Psikologi, Teliti Gangguan Depresi pada Remaja yang Broken Home laurentiusivan March 13, 2024

Doktor Baru Psikologi, Teliti Gangguan Depresi pada Remaja yang Broken Home

Salah satu dosen Fakultas Psikologi Ubaya, Dr. Ktut Dianovinina, M.Psi., Psikolog., telah berhasil menyelesaikan program doktoral di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga pada 2 Februari 2024. Gelar doktor didapatkannya setelah tuntas mengerjakan disertasi berjudul “Model Depresi pada Remaja dengan Orang Tua Bercerai”.

Vinin, sapaan akrabnya, meneliti tentang mekanisme terjadinya depresi pada remaja yang mengalami perceraian orang tua. Hal ini ditinjau dari pengasuhan ibu yang menolak dan mengontrol secara psikologis. “Kedua jenis pengasuhan ibu ini membentuk faktor personal yang berisiko terhadap perkembangan depresi pada remaja,” ujarnya.

Ketertarikannya meneliti topik ini dilatarbelakangi gangguan depresi pada remaja yang saat ini mulai meningkat pesat. Sedangkan remaja yang telah mengalami depresi akan menyebabkan potensi permasalahan yang semakin besar pada kemudian hari. “Fokus saya adalah semakin mendalami permasalahan depresi pada remaja yang dapat digunakan untuk merancang intervensi. Tujuannya, agar remaja memiliki kesehatan mental yang baik dan meminimalisasi keparahan depresi,” jelas Dosen Psikologi Klinis itu.

Setelah lulus, ia kembali mengajar mahasiswa S1 dan S2 Fakultas Psikologi Ubaya berkaitan dengan Psikologi Klinis, seperti Asesmen Psikodiagnostik, Konseling dan Psikoterapi, Kesehatan Mental, dan Modifikasi Perilaku. Dengan gelar doktor yang sudah didapatkannya, Vinin memiliki tambahan ilmu berkaitan dengan gangguan depresi yang meliputi proses mekanisme terjadinya depresi pada individu, faktor-faktor yang memengaruhinya, dan teknik intervensi yang bisa mengatasi permasalahan depresi. “Hal ini bertujuan untuk semakin memperdalam pengetahuan mahasiswa terkait dengan kesehatan mental seseorang,” pungkasnya. (el)