Belajar Bareng Mahasiswa Internasional di University of Leicester Inggris laurentiusivan February 28, 2024

Belajar Bareng Mahasiswa Internasional di University of Leicester Inggris

Pengalaman belajar di kampus luar negeri akhirnya bisa terwujud berkat program MBKM Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Program inilah yang diambil Brigitta Yolanda ketika dirinya menempuh semester 7 lalu. Mahasiswa Fakultas Psikologi Ubaya itu terpilih untuk berangkat studi ke University of Leicester, Inggris.

Selama kurang lebih empat bulan, Yolanda sapaan akrabnya, menempuh studi pada mata kuliah Sensation and Perception dan HR Management. “Saya ambil major ini karena berkaitan dengan fakultas yang saya ambil di Ubaya, yakni psikologi,” imbuhnya. Ia menyebut, banyak pembelajaran di Leicester yang hampir sama seperti di Ubaya. Sehingga, ia tidak mengalami kesulitan ketika mengikuti kelas.

Namun, lulusan SMA Kristen Petra 5 Surabaya itu mengatakan ada beberapa mata kuliah yang namanya baru pertama kali ia dengar. Salah satunya adalah mata kuliah Power, Privilege, and Diversity. Mata kuliah ini mempelajari mengenai dinamika masyarakat yang ada di Inggris, karena menarik, mata kuliah ini menjadi favorit di kalangan mahasiswa IISMA. Terkait tugas, Yola menerangkan hampir semua tugas dikerjakan secara individu. “Saya pernah sekali kerja kelompok dengan mahasiswa internasional dan orang lokal UK (Inggris). Di luar kelas, kami serta para mahasiswa internasional lainnya juga sering berdiskusi untuk bertukar pendapat tentang negara masing-masing,” jelasnya.

Mengenal budaya di Inggris serta negara lain menjadi pengalaman berkesan. Ditambah, di kawasan dorm ada acara yang membagikan makanan gratis, mengadakan game untuk bermain bersama, juga movie night. Semua acara ini diadakan oleh tim Residence Life dari kampus.  Selain itu, IISMA di Leicester juga mengadakan aktivitas seperti bagi-bagi sembako gratis, hari memakai batik, dan lain-lain. “Dari IISMA, saya bisa melihat dunia dari sisi yang berbeda. Mata kuliah yang dipelajari juga bisa saya implementasikan ketika kembali ke Ubaya,” pungkasnya. (el)