Mahasiswa Belajar Kelola Keuangan Investasi dalam Bisnis laurentiusivan February 26, 2024

Mahasiswa Belajar Kelola Keuangan Investasi dalam Bisnis

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Selain pengalaman yang didapatkan ketika berkuliah, pengalaman dari luar perkuliahan tentunya dibutuhkan dalam pengembangan kemampuan diri. Oleh karenanya, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya) mengadakan kegiatan Praktisi Mengajar tentang “Pengelolaan Keuangan Investasi dalam Bisnis”. Kegiatan ini digelar di Gedung Pascasarjana 1.3, FBE Kampus II Ubaya, Tenggilis, pada Kamis, 6 Oktober 2023. Dibawakan secara langsung oleh Dewi Permata Sari selaku narasumber dari alumni program studi akuntansi FBE Ubaya, kegiatan ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa FBE Ubaya.

Membuka acara, Dewi membawakan materi tentang kelayakan perusahaan dipandang. “Layak dan tidak layaknya perusahaan, kebanyakan orang melihat dari segi laba dan pertumbuhan perusahaan saja,” tuturnya. Kelayakan perusahaan juga perlu diperhatikan dari segi beban kinerja, dukungan dari top manajemen, aktivitas anggaran, fleksibilitas terhadap perubahan, kecerdasan wewenang, dan tanggung jawab dari perusahaan. Tak hanya berfokus pada penjelasan secara teori, Dewi juga menunjukkan simulasi dan pemodelan yang dapat dilakukan kepada mahasiswa. “Saat melayani pelanggan, Sumber Daya Manusia (SDM) yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan perhitungan, semakin sedikit SDM namun kinerjanya maksimal, maka semakin baik,” ungkap Dewi.

Bagas, mahasiswa FBE Ubaya, mengajukan pertanyaannya terhadap narasumber praktisi mengajar ini. “Sebelum melakukan investasi, sepatutnya kita berpikir terkait faktor masyarakat setempat. Apabila masyarakat tidak kooperatif dan mengekang, maka apa sebaiknya yang dapat kita lakukan selaku investor?” tanya Bagas. Menanggapi pertanyaan tersebut, Dewi memberikan jawabannya, “Sebaiknya dilakukan sosialisasi dengan masyarakat terlebih dahulu sebelum adanya kajian, sehingga didapatkan keputusan secara mufakat.” Keputusan yang diambil tidak serta merta keinginan pribadi karena perlu melakukan pertemuan secara intens agar dapat menyatukan pendapat dari semua orang yang terlibat.(re6,ket)