Ratusan Siswa SMA Belajar Buat Produk Berbasis Kimia di Ubaya laurentiusivan February 15, 2024

Ratusan Siswa SMA Belajar Buat Produk Berbasis Kimia di Ubaya

Belajar kimia dengan mengeksplorasi bahan dan keunikan zat bisa menghasilkan beragam produk yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang dikenalkan Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Ubaya kepada 235 siswa SMA di Surabaya melalui “Chemical Engineering Open House”. Acara yang berlangsung pada 15-16 Februari 2024 itu bertempat di Gedung Fakultas Teknik, Kampus Ubaya Tenggilis.

235 siswa SMA tersebut merupakan siswa dari SMA Petra 1, Petra 2, Petra 4, St Louis 1, IPH, Karitas, Gloria 2, Masa Depan Cerah, Happy Family, Trimurti, St Agnes, Stanislaus, Cita Hati, serta Little Sun. Mereka diajak untuk membuat produk menggunakan ilmu Teknik Kimia sederhana. Pelatihannya yakni membuat Lemongrass Soap, Pulp-Based Air Refresher, Membran, Non-Dregs Coffee Powder, dan Gummy Candy.

Ketua Program Studi Teknik Kimia Ubaya, Dr. Aloisiyus Yuli Widianto, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baru mengenai ilmu Teknik Kimia. “Ilmu Kimia adalah ilmu yang sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari juga luas, sehingga Sarjana Teknik Kimia semakin dibutuhkan. Ini menjadi kesempatan untuk siswa SMA bisa belajar sejak dini,” jelasnya. Ia pun berharap kegiatan open house ini bisa memberikan gambaran bagi siswa SMA yang ingin mengenal ilmu Teknik Kimia lebih mendalam.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMAK St Agnes Surabaya, Ni Wayan Virgin Ratnaningsih, mengatakan para siswa dari sekolahnya mengaku mendapat banyak hal. Mereka menikmati suasana baru, berkunjung melihat dan mendapat penjelasan tentang aneka  fasilitas di laboratorium. Selain itu, mereka juga paling antusias untuk praktik Teknik Kimia. “Materi pelatihan dikemas secara ringan namun terarah. Mereka menikmati kegiatan belajar tersebut hingga tak terasa waktu habis. Secara keseluruhan, kesan kami positif,” ujarnya. (el)