FK Ubaya Luluskan 11 Dokter Baru laurentiusivan February 1, 2024

FK Ubaya Luluskan 11 Dokter Baru

Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya (FK Ubaya) menggelar sumpah dokter pada Kamis (1/2/2024). Sebelas mahasiswa resmi dilantik menjadi dokter baru oleh Dekan FK Ubaya, Prof. Dr. dr. Rochmad Romdoni, Sp.PD., Sp.JP(K) di Hotel Novotel Samator Surabaya.

Dalam pelantikan, dua lulusan dokter baru meraih prestasi membanggakan. dr. Diana Rahman menjadi mahasiswa peraih IPK tertinggi, yakni 3,83. Sementara itu, dr. Viera Permatasari Wiana menjadi lulusan dengan nilai UKMPPD terbaik.

Rektor Ubaya, Dr. Benny Lianto, mengatakan lulusan dokter Ubaya selalu dibekali dengan pendidikan karakter. Sehingga, mereka bisa mengambil keputusan yang tepat dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Ubaya ingin lulusan FK Ubaya tidak hanya pintar akademis, namun benar-benar berkualitas dari segi soft skill. Ini yang menjadi motivasi saat pendirian awal FK Ubaya,” ujarnya.

Ia menambahkan, komitmen ini diwujudkan dengan pendirian RS Ubaya yang nantinya bisa menghasilkan dokter-dokter berkualitas selanjutnya. “Harapannya para lulusan dokter FK Ubaya dapat berkontribusi memajukan kualitas kesehatan di Indonesia,” pungkas Benny.

Sementara itu, Prof. Romdoni menyebut sumpah dokter sekaligus menjadi bagian dari pemenuhan academic excellence oleh FK Ubaya. Hal tersebut didukung dengan adanya mahasiswa yang unggul secara akademik dan praktik (good students). Selain itu, dokter sekaligus dosen yang berpengalaman (excellent staff), fasilitas yang memadai (adequate facilities), serta kerja sama internasional (international linkages).

Lulusan FK Ubaya juga diharapkan dapat memenuhi Seven Stars of Doctor. Ketujuh hal tersebut, yakni memberikan pelayanan kesehatan yang optimal (care provider), mengambil keputusan secara cepat (decision maker), memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik (communicator), dapat bekerja sama dalam tim (community leader), mampu menciptakan sistem yang efektif dan efisien (manager), berkembang dan belajar sepanjang hayat (researcher), serta iman dan taqwa kepada Tuhan. (el/sin)