Pelatihan Guru SMA Se-Kota Malang bersama Fakultas Teknobiologi Ubaya laurentiusivan January 18, 2024

Pelatihan Guru SMA Se-Kota Malang bersama Fakultas Teknobiologi Ubaya

Hadirnya Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (FTb Ubaya) memberikan perluasan terhadap kebutuhan keilmuan dalam bidang Biologi di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Fakultas Teknobiologi cukup jarang dijumpai, namun seiring berjalannya waktu lulusan Fakultas Teknobiologi menjadi semakin dibutuhkan dalam dunia biologis. Bergerak cepat, FTB Ubaya membekali para guru SMA Se-kota Malang dengan Pelatihan Bioteknologi dengan topik Deteksi GMO (Genetically Modified Organism) Produk Pangan. Dihadiri oleh puluhan guru, pelatihan ini diadakan pada Kamis, 18 Januari 2024 di gedung FTB, kampus II Ubaya, Tenggilis. 

Materi dibawakan langsung oleh Prof. Dr. Mariana Wahjudi, selaku dosen serta Ketua Laboratorium Purifikasi dan Biologi Molekuler FTB Ubaya. Agenda pelatihan juga mengajak para guru untuk melakukan praktik langsung terkait dengan metode yang digunakan untuk PCR (Polymerase Chain Reaction) di laboratorium Molekuler FTB Ubaya. Melalui kegiatan ini FTB Ubaya juga mengajak para guru untuk melihat kebutuhan dan perkembangan dari metode PCR yang semakin luas. “Teknik PCR  berpengaruh dan mempengaruhi perkembangan biologis yang ada di dunia,” jelas Prof. Mariana.  

Kegiatan pelatihan ini juga dibuka langsung oleh Dr.rer.nat Sulistyo Emantoko Dwi Putra, selaku Dekan FTB Ubaya. Adanya kegiatan ini tidak hanya sekedar memberikan pelatihan bagi para guru, tetapi juga mengajak dan memberikan kesempatan bagi para guru untuk berpartisipasi dalam beragam penelitian yang dimiliki oleh FTB Ubaya. “Kegiatan ini membuka peluang untuk Bapak/Ibu guru agar bisa dapat bergabung dalam berbagai project penelitian pemerintah yang dipercayakan melalui FTB Ubaya,” ujar Emantoko, sapaan akrabnya. 

FTB Ubaya mendapatkan respon dan antusias positif dari para guru, hal itu terlihat dari semangat para guru saat sedang melakukan praktik PCR molekuler dan diskusi terbuka bersama dengan Prof. Mariana dan laboran lainnya. Kegiatan yang dilakukan dari pagi hingga sore hari itu, diwarnai dengan tanya jawab dari para guru yang beragam. Oleh karena itu, ini menjadi gerakan baru bagi FTB Ubaya untuk memberikan banyak kesempatan untuk para guru lainnya yang juga ingin berkunjung dan bergabung bersama FTB Ubaya. (sin/sin)