Ilmu dalam Games: Field Trip SMP Gloria 1 di TMM Ubaya laurentiusivan January 4, 2024

Ilmu dalam Games: Field Trip SMP Gloria 1 di TMM Ubaya

Berbeda dari kunjungan biasanya, hadirnya SMP Gloria 1 Surabaya di Teknik Mesin dan Manufaktur, Fakultas Teknik Universitas Surabaya (TMM FT Ubaya) disuguhi dengan konsep campus tour yang berbeda. Menariknya kegiatan dilakukan dengan metode role play mini games untuk para siswa, sehingga para siswa dapat menikmati proses belajar dengan menyenangkan. “Kami mau bikin kalian enjoy, kalau monoton penjelasan materi akan bosan,” ujar Sunardi Tjandra, M.T., selaku PIC (Person in Charge) dalam kegiatan ini. 

Para siswa juga diajak untuk tidak belajar dalam satu proses, dimana para siswa diberikan pemahaman agar dapat mengidentifikasi suatu proses. Berbagai pengolahan data dan software juga dipraktekkan langsung oleh para siswa. “Semoga ini bisa menjadi bekal bagi teman-teman dalam menyiapkan langkah studi dan karir selanjutnya,” lanjut Sunardi. Ubaya juga memberikan kesempatan yang berkelanjutan bagi para mahasiswa, dimana ketika mahasiswa telah selesai menempuh masa studi, mahasiswa akan diberikan kesempatan untuk bisa mendapatkan sertifikasi internasional.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 4 Januari 2024 di lingkungan Program Studi TMM FT Ubaya, di kampus II Ubaya, Tenggilis. Sebanyak 19 orang siswa/siswi antusias mengikuti rangkaian field trip yang disiapkan oleh tim dari TMM FT Ubaya. 

Mrs. Ira, selaku guru BK (Bimbingan Konseling) SMP Gloria 1 Surabaya tidak kalah antusias memperhatikan keseruan siswa/siswinya saat mengikuti rangkaian aktivitas tersebut. “Tidak salah kami pilih Ubaya, siapa yang tidak mengenal Ubaya, kami pilihkan tempat belajar terbaik untuk anak-anak kami,” ungkap Mrs. Ira. Kemajuan teknologi menggiring para pendidik untuk terus memberikan bekal yang cukup bagi para siswa dalam mempersiapkan studi dan karir di masa depan. “Harapannya sesuai dengan motto Gloria yaitu lifelong learning, kami berharap agar para siswa dapat terus belajar dan termotivasi, field trip ini jadi bekal bagi siswa/siswi kami,” harap Mrs. Ira yang juga ikut mendampingi langsung kegiatan para siswa. 

“Seru banget, walaupun banyak tantangannya tapi kita bisa belajar banyak dan jadi lebih paham di kuliah itu laboratoriumnya kayak gimana,” tutur Cathline, salah satu siswi SMP Gloria 1 Surabaya saat memberikan kesan di akhir acara. Tidak berdiri sendiri, Cathlin juga ditemani Anne, temannya, dalam menyampaikan kesan. “Menyenangkan!” tambah Anne, melontarkan 1 ungkapan yang menggambarkan keseruan aktivitas mereka hari ini.

Kunjungan sekolah menjadi aktivitas yang sangat didukung oleh Ubaya, hal ini berguna untuk memberikan gambaran perkuliahan bagi para siswa. Antusias sekolah-sekolah juga cukup tinggi untuk membekali para siswa dalam mempersiapkan jenjang pendidikan selanjutnya. Bagi sekolah-sekolah yang ingin berkunjung ke Ubaya dapatkan informasi lengkapnya melalui humas@unit.ubaya.ac.id atau 031-2981005/08215001005 (Whatsapp). (sin/sin)