CAC Ubaya Kolaborasi Dengan Kinobi, Bahas Kiat Sukses Pembuatan CV laurentiusivan December 14, 2023

CAC Ubaya Kolaborasi Dengan Kinobi, Bahas Kiat Sukses Pembuatan CV

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

 

         Kamis, 14 Desember 2023, Career Assistance Center Universitas Surabaya (CAC Ubaya) menyelenggarakan kolaborasi dengan tajuk “Building a Standout CV for Internship Success”. Kolaborasi yang diadakan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa Ubaya terkait cara membuat Curriculum Vitae (CV) yang ideal. Menghadirkan Romy Chandra Kurniawan, selaku Customer Success Lead Kinobi, sebagai narasumber, acara kolaborasi ini diadakan secara daring melalui Zoom dihadiri puluhan peserta mahasiswa Ubaya dari berbagai fakultas.

         Romy menjelaskan bahwa kita memerlukan CV yang menarik sebagai langkah pertama untuk masuk ke sebuah perusahaan. “Pembuatan CV memiliki peranan yang sangat krusial agar calon pelamar dapat diterima oleh perusahaan,” jelas Romy. Teknologi juga berperan besar dalam pemilihan, karena dapat memilih pendaftar yang cocok dengan job description yang dibutuhkan perusahaan. “Melalui bantuan teknologi agile, perusahaan dapat dengan lancar menyaring CV pelamar secara efisien,” ujarnya.  Selain itu, Romy juga berpesan untuk memperhatikan informasi yang dimasukkan saat membuat CV.

 Lebih lanjut, Romy menjelaskan secara rinci terkait penggunaan bahasa dan gaya penulisan, bahwasannya kedua hal tersebut memiliki peran krusial dalam pembuatan CV. “Penggunaan kosakata dan tata tulis yang jelas dapat memperlihatkan kredibilitas kita kepada perusahaan,” jelas Romy. Tidak hanya itu, informasi terkait kemampuan yang dimuat dalam CV perlu disesuaikan dengan job description yang dibutuhkan perusahaan. “Pada dasarnya, perusahaan hanya memerlukan informasi atau pengalaman yang relevan dengan job description yang dicari, jadi jangan sampai too much information,” ingat Romy.

         Pemaparan materi yang disampaikan oleh Romy berhasil memikat antusias para peserta, salah satunya adalah Andrew, seorang mahasiswa Ubaya. “CV apa yang bisa digunakan untuk fresh graduate?” tanya Andrew. Menanggapi pertanyaan tersebut, Romy menyarankan untuk menggunakan CV Applicant Tracking System (ATS) karena ada beberapa perusahaan menggunakan sistem sortir otomatis untuk menyeleksi berkas-berkas tersebut. “Tidak semua perusahaan menerapkan sistem ini, tapi sebagian besar sudah mengadopsinya, maka dari itu penggunaan template ATS dalam CV memperbesar peluang kita untuk lolos,” tutup Romy.(re5,mon/fg4)