Ubaya Jalin Kerja Sama dengan Nexmedis dalam Bidang Teknologi AI Kesehatan laurentiusivan November 16, 2023

Ubaya Jalin Kerja Sama dengan Nexmedis dalam Bidang Teknologi AI Kesehatan

Universitas Surabaya (Ubaya) kerja sama dengan Nexmedis kembangkan teknologi kecerdasan buatan (AI) kesehatan. (Istimewa)

JawaPos.com–Universitas Surabaya (Ubaya) menjalin kerja sama dengan Nexmedis dalam bidang teknologi kecerdasan buatan (AI) kesehatan. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor Ubaya Dr Benny Lianto dan Dirut Nexmedis Yehuda Dani Utomo.

Kerja sama bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi AI kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Kedua pihak akan bekerja sama dalam penelitian, pengembangan, dan penerapan teknologi AI kesehatan.

”Kerja sama ini sejalan dengan rencana pengembangan Ubaya dan Pemerintah Provinsi Jatim dalam penerapan dan pengembangan AI pada sektor kesehatan,” ungkap Benny Lianto.

Menurut Benny, kerja sama itu merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

”Ubaya memiliki keunggulan dalam bidang pendidikan dan penelitian, sedangkan Nexmedis memiliki keunggulan dalam bidang teknologi AI kesehatan. Kerja sama ini akan saling melengkapi dan menghasilkan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Benny Lianto.

Yehuda Dani Utomo menyambut baik kerja sama tersebut. Dia berharap kerja sama dapat menghasilkan produk-produk AI kesehatan yang inovatif dan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

”Kami percaya bahwa teknologi AI dapat menjadi solusi bagi berbagai masalah kesehatan. Kerja sama ini akan menjadi platform bagi kami untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi AI kesehatan di Indonesia,” tutur Yehuda Dani Utomo.

Yehuda Dani Utomo mengatakan, pihaknya melihat adanya potensi kerja sama dalam implementasi AI antara Nexmedis dengan Fakultas Kedokteran, Farmasi Bioteknologi dan Teknis.

”Sehingga hal ini dapat terselenggaranya sebuah pengembangan yang berkesinambungan bukan hanya dalam hal diagnosis oleh dokter yang dibantu AI Nexmedis, tetapi juga peningkatan medical treatment kepada pasien sehingga terus berkelanjutan,” terang Yeye, panggilan karib Yehuda Dani Utomo.

Sumber: Jawapos.com