Berkunjung ke Ubaya, Siswa JAC Pahami DNA Sequencing Lebih Luas laurentiusivan November 15, 2023

Berkunjung ke Ubaya, Siswa JAC Pahami DNA Sequencing Lebih Luas

Sequencing memiliki peran penting dalam memetakan rantai DNA, hal ini disebut sebagai proses atau teknik penentuan urutan basa nukleotida pada suatu molekul DNA. Melalui Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (FTB Ubaya), SMA JAC School Surabaya pelajari rangkaian proses DNA Sequencing pada Senin, 13 November 2023 di Kampus II Ubaya, Tenggilis.Materi dibawakan langsung oleh Dr. Mariana Wahjudi, selaku dosen Ubaya sekaligus Ketua Laboratorium Purifikasi dan Biologi Molekuler terkait dengan DNA Sequencing. 

 Puluhan siswa berkesempatan untuk sit in layaknya mahasiswa di kelas. Antusias para siswa tergambar saat menerima materi yang dibawakan oleh Mariana. Tidak sedikit dari para siswa yang ikut aktif berinteraksi dalam diskusi kegiatan belajar mengajar tersebut. Tidak hanya penjelasan secara teoritis, Mariana ajak para siswa untuk melakukan praktik digital secara online terkait bagaimana suatu data DNA diurutkan dalam proses Sequencing. 

Naomi, siswa kelas 12 IPA menyimak dan mempelajari banyak hal baru yang belum pernah didapat sebelumnya. Perbedaan materi dan metode pengajaran antara SMA dan Perguruan Tinggi cukup terasa. Sehingga dengan adanya kegiatan ini para siswa dapat merasakan pengalaman dan gambaran terkait dengan studi lanjut di Perguruan Tinggi. “Senang dapat ilmu baru, penyampaian Ibu Mariana (dosen Ubaya) sangat jelas jadi mudah dimengerti,” ungkap Naomi. 

Selain itu, mewakili para siswa lainnya, Naomi juga berharap Ibu Mariana dapat terus mengajar dan menyalurkan ilmu yang dimilikinya kepada banyak orang. “Harapannya ilmu dari Ibu Mariana bisa terus diajarkan pada banyak orang sehingga kalau ada yang berkunjung ke Ubaya lagi ilmunya akan semakin banyak orang yang paham tentang Bioteknologi,” ujar Naomi melanjutkan. (sin/sin)