Kompeten! 56 Mahasiswa Ubaya Terima Sertifikasi Kompetensi dari BNSP laurentiusivan October 26, 2023

Kompeten! 56 Mahasiswa Ubaya Terima Sertifikasi Kompetensi dari BNSP

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1) Universitas Surabaya resmi memberikan sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) kepada 56 mahasiswa. Penyerahan secara simbolik diwakili oleh 5 mahasiswa dari berbagai Program Studi pada Rabu, 25 Oktober 2023 di Integrity Room, Kampus I Ubaya Ngagel. Sertifikat diserahkan langsung oleh Dr. Nurul Indah Susanti selaku Master Asesor BNSP, Norbertus Purnomolastu, Ak., M.M. selaku Ketua LSP P-1 Ubaya, dan perwakilan dari masing-masing Program Studi.

Kegiatan ini merupakan pemberian sertifikat BNSP perdana ke mahasiswa sejak peluncuran LSP-P1 Ubaya pada Juni 2023 lalu. Direktur LSP-P1 Ubaya, Norbertus Purnomolastu, mengatakan 56 mahasiswa tersebu aat telah lulus uji kompetensi yang diberikan asesor. “Soal yang dibuat asesor disesuaikan dengan panduan dari BNSP. Sehingga, ketika mahasiswa dinyatakan lulus sertifikasi, berarti mereka memang dinilai memiliki kompetensi yang diakui negara,” ujarnya.

Ia menambahkan, Ubaya terus memberikan edukasi pentingnya memiliki sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa. Hal ini dikarenakan saat ini industri mensyaratkan calon pegawai yang kompeten dan telah bersertifikasi. Untuk itu, Ubaya menyediakan fasilitas sertifikasi kompetensi agar mahasiswa ketika nantinya lulus tidak kesulitan ketika diminta menyerahkan sertifikat di luar ijazah oleh perusahaan. 

Norbertus menyebut, ke depannya sertifikasi seperti ini akan diberlakukan wajib untuk mahasiswa Ubaya. “Bisa diambil oleh mahasiswa semester 6. Kewajiban ini berkaitan juga dengan mata kuliah tertentu,” imbuhnya. Selain itu, LSP-P1 Ubaya akan menambah lebih banyak skema sertifikasi sesuai perkembangan kebutuhan industri. Harapannya, semua lulusan Ubaya punya sertifikasi kompetensi yang memudahkan lulusan untuk diterima di industri. (sin)