Kunjungi Ubaya: SMA Trimurti Dapat Rahasia Resep Tepung dari Kulit Jeruk  laurentiusivan October 20, 2023

Kunjungi Ubaya: SMA Trimurti Dapat Rahasia Resep Tepung dari Kulit Jeruk 

Universitas Surabaya (Ubaya) menerima kunjungan dari SMA Trimurti Surabaya pada  rabu, 18 Oktober 2023. Sedikitnya puluhan siswa antusias hadir dan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan di Fakultas Teknobiologi Ubaya. Para siswa diajak untuk membuat Gluten Free Orange Friand. Selain itu, siswa juga melakukan praktek pembuatan tepung kulit jeruk hingga proses pengujian warna dan tekstur menggunakan alat color reader dan texture analyzer di Fakultas Teknobiologi, Kampus II Ubaya, Tenggilis.

Punya minat kuliah tentang ba  king, Aesha Hanna, siswa kelas 10 dari SMA Trimurti jadikan Ubaya sebagai opsi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. “Aku punya minat di baking, Ubaya jadi opsi aku juga,” ungkapnya. Fakultas Teknobiologi Ubaya tidak hanya mengajarkan proses pembuatan makanan saja tetapi juga bagaimana para pelajar dapat mengembangkan inovasi dalam dunia food and beverage menjadi lebih sehat. “Aku belum pernah coba kue ini, sangat inovatif,” ujar Aesha sambil mencicipi.

Menyambung Aesha, Fadil, yang juga siswa kelas 10 SMA Trimurti juga sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan di Fakultas Teknobiologi Ubaya. “Seru banget, fasilitas yang lengkap jadi kegiatannya nggak monoton,” ujar Fadil. 

Selain itu, praktik ini juga diberikan untuk mendukung edukasi terkait dengan limbah kulit jeruk yang menjadi permasalahan pencemaran lingkungan. Padahal kulit jeruk memiliki kandungan serat tinggi, pektin, antioksidan, dan antibakteri yang tinggi. Sehingga potensi itu diolah menjadi tepung kulit jeruk dengan masa simpan yang lebih lama dan dapat diaplikasikan lebih lanjut ke berbagai produk olahan pangan yang berkualitas. Teknologi pengolahan menggunakan teknik penghancuran dan pengecilan ukuran partikel tepung serta pengepresan minyak atsiri jeruk dengan menggunakan metode oil press dan pengeringan cabinet. 

Kunjungan sekolah menjadi aktivitas yang sangat didukung oleh Ubaya, hal ini berguna untuk memberikan gambaran perkuliahan bagi para siswa. Antusias sekolah-sekolah juga cukup tinggi untuk membekali para siswa dalam mempersiapkan jenjang pendidikan selanjutnya. Bagi sekolah-sekolah yang ingin berkunjung ke Ubaya dapatkan informasi lengkapnya melalui humas@unit.ubaya.ac.id atau 031-2981005/08215001005 (Whatsapp). (sin/sin/4436)