Ubaya, IAI Jatim, dan Atma Jaya Makassar Bahas Keberlanjutan Akuntansi laurentiusivan October 19, 2023

Ubaya, IAI Jatim, dan Atma Jaya Makassar Bahas Keberlanjutan Akuntansi

Accounting Service Center (ASC) Program Studi Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya) berkolaborasi dengan Ikatan Akuntansi Indonesia Jawa Timur (IAI Jatim) dan Atma Jaya Makassar untuk mengadakan webinar. Dihadiri oleh ratusan peserta dari seluruh Indonesia, webinar diadakan secara during melalui zoom meeting pada selasa, 17 Oktober 2023. 

Webinar diantarkan dengan judul “Development in Sustainability Accounting and IFRS Sustainability Disclosure Standards”. Menghadirkan Fidelis Arastyo Andono, S.E., Ak., M.M., Ph.D., CSRS, selaku Wakil Dekan FBE Ubaya sekaligus Dosen dan Konsultan Akuntansi sebagai pembicara pertama. Serta Dr. Suwandi Ng, S.E., M.M., Ak., CA., CPA., CPMA., ASEAN CPA., IIKP., CSRS., CSRA., CSP, selaku Dosen Atma Jaya Makassar dan Konsultan Pajak sebagai pembicara kedua.  

Prof. Basuki, M.Com(Hons), Ph.D., Ak., CMA., CA., ASEAN CPA, selaku Ketua IAI Jatim juga turut menghadiri kegiatan webinar tersebut. Patut berbangga, Prof. Basuki mengapresiasi antusias dan kehadiran para peserta dari berbagai daerah di Indonesia. “Pesertanya banyak sekali, dari Sabang sampai Merauke,” tuturnya. Aktivitas seperti ini tentu memberikan banyak manfaat bagi para peserta untuk mempertahankan keberlanjutan akuntansi. “Ilmu tidak hanya berhenti di kita, tetapi juga disebarkan kepada masyarakat,” ajak Prof. Basuki, sekaligus membuka webinar. Hal ini ditegaskan karena peran masyarakat cukup penting dalam menjaga keberlanjutan serta perkembangan akuntansi, khususnya di Indonesia.

Sustainability Reporting Regulations” menjadi judul topik yang dibawakan oleh Fidelis selaku pembicara pertama. Isu sustainability seringkali menjadi faktor yang mempengaruhi regulasi laporan. Environmental, Social, and Governance (ESG) menjadi variabel eksternal yang harus didukung untuk menjaga stabilitas business landscape. ASC juga menjadi bentuk dukungan Ubaya terhadap keberlanjutan akuntansi di Indonesia. “ASC bertujuan untuk membantu para pelaku bisnis di seluruh Indonesia yang membutuhkan pendampingan pada aspek akuntansi,” jelasnya. Sehingga peluang ini sangat berpengaruh bagi keberlanjutan dan perkembangan akuntansi di seluruh Indonesia. 

Melanjutkan pemateri pertama, Suwandi membawakan materi dengan judul “An Overview of the State of Sustainability Assurance”. Suwandi menjelaskan bahwa seringkali praktik bisnis tidak hanya berfokus pada perusahaan besar saja namun juga dampak yang dihasilkan oleh bisnis UMKM (Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro). “Hal itu diimplementasikan pada pemberian jaminan (assurance) informasi untuk meningkatkan kepercayaan terkait dengan ESG,” jelasnya.

Beberapa topik penting yang dibahas dalam diskusi webinar tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Keniscayaan isu keberlanjutan dalam bisnis modern
  • Keseimbangan pertimbangan ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam bisnis
  • Dampak tindakan bisnis terhadap masyarakat dan lingkungan
  • Praktik keberlanjutan sebagai tanggung jawab dan strategi bisnis
  • Pelaporan sosial dan lingkungan sebagai bentuk akuntabilitas perusahaan
  • IFRS Disclosure standards sebagai patokan dalam pertanggungjawaban keberlanjutan.

ASC Ubaya dapat diakses melalui link berikut ini: https://www.ascubaya.id/

(sin/sin/4435)