Kunjungan Warta Ubaya ke SMA Little Sun, Bagikan Tips Terkait Jurnalistik laurentiusivan October 6, 2023

Kunjungan Warta Ubaya ke SMA Little Sun, Bagikan Tips Terkait Jurnalistik

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Universitas Surabaya (Ubaya) melalui Warta Ubaya berkontribusi mendukung siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam pengembangan soft-skills. Pada 2 hingga 3 Oktober 2023, Warta Ubaya diundang oleh SMA Little Sun School Surabaya untuk menjadi pembicara terkait acara Pelatihan Jurnalistik yang bertajuk “Journalism 101: A Guide to Upgrade Your Newsletter”. Diikuti oleh ratusan siswa/i SMA Little Sun, pelatihan diselenggarakan secara luring di masing-masing ruang kelas. Beberapa anggota divisi dari Warta Ubaya, seperti: Reporter, Fotografer, serta Design and Layouter hadir pada pelatihan ini untuk membawakan materi terkait tips dan trik dalam menyusun sebuah karya jurnalistik.

Membuka sesi pemaparan materi, Jennifer Vania, Mahasiswi Fakultas Psikologi Ubaya angkatan 2021 sekaligus Sekretaris dan Bendahara Warta Ubaya, menyatakan bahwa terdapat beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum melakukan wawancara, salah satunya mengenali narasumber. “Jadi sebelum melakukan wawancara, kita perlu mengetahui dulu kira-kira seperti apa layar belakang narasumber yang akan kita wawancara,” jelasnya. Jenni menyatakan bahwa pemahaman topik wawancara nantinya akan berpengaruh pada penyusunan pertanyaan wawancara. “Dengan memahami topiknya terlebih dahulu, kita jadi tahu sekiranya pertanyaan seperti apa yang perlu disusun,” tuturnya.

Pemaparan materi dari Warta Ubaya banyak menarik antusiasme siswa/i SMA Little Sun School Surabaya untuk menyampaikan pertanyaan. Salah satu siswa menyampaikan pertanyaannya, “Bagaimana cara agar tidak gugup ketika mewawancarai narasumber?” Menjawab pertanyaan tersebut, Jenni menyatakan bahwa perasaan gugup dapat diminimalisir dengan persiapan diri yang matang terkait materi wawancara. Selain itu, Jenni turut menyatakan bahwa perasaan gugup akan menurun ketika seseorang sering melakukan wawancara. “Gugup waktu awal melakukan wawancara itu wajar, lama-kelamaan perasaan gugup itu akan hilang ketika kita sering melakukan wawancara,” jelasnya.

Yefri Kuncoro, selaku Kepala Sekolah SMA Little Sun School Surabaya turut menyampaikan kesannya terkait pelatihan ini. Ia mengungkapkan bahwa para siswa memiliki antusiasme yang sangat tinggi dalam mempelajari berbagai aspek jurnalistik. “Tidak hanya mempelajari mengenai aspek penulisan, para siswa kami ajak untuk bisa mengemas tulisan mereka dengan menarik melalui ilmu fotografi dan design layout yang dibagikan oleh teman-teman dari Warta Ubaya,” ujarnya. (jv/sin/4419)