Ubaya Gelar Student Success Seminar Guna Mengetahui Potensi Diri Mahasiswa laurentiusivan September 25, 2023

Ubaya Gelar Student Success Seminar Guna Mengetahui Potensi Diri Mahasiswa

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Kamis, 21 September 2023, Konseling dan Pengembangan Diri Manusia Universitas Surabaya (KPDM Ubaya) menyelenggarakan Student Success Seminar dengan tema “My Hidden Gems”. Seminar ini bertujuan untuk mengetahui potensi diri dengan cara menggali minat dan bakat yang peserta miliki. Lim Swie Hok, M.Psi., Psikolog., selaku Founder CV Psyche Humanus hadir sebagai narasumber dalam seminar ini. Diselenggarakan secara offline di Ruang Serbaguna Fakultas Bisnis dan Ekonomika (SGFBE) Ubaya, seminar dihadiri oleh ratusan mahasiswa Ubaya dari berbagai fakultas dan angkatan.

Lauw Elissa Laurens. S.Kom., selaku Penanggung Jawab Seminar “My Hidden Gems” memberikan penjelasan lebih lanjut terkait makna tema yang diangkat. Seminar ini bisa dikatakan sebagai lanjutan dari Student Success Seminar sebelumnya dengan tema “Me, Myself, and I”, jelasnya. Elissa mengungkap bahwa pada seminar sebelumnya, mahasiswa telah diajak untuk dapat mengetahui tentang dirinya sendiri. “Setelah mereka mengetahui dirinya, mahasiswa diajak untuk mengenali potensi yang dimiliki. 

Lebih lanjut, Elissa menyatakan bahwa Student Success Seminar kali ini diselenggarakan secara offline dengan beberapa pertimbangan tertentu. “Pertimbangannya, kalau offline lebih mudah interaksinya mengingat narasumber dan peserta bisa bertatap muka dibandingkan dengan online,” tutur Elissa. Menurutnya, penyelenggaraan seminar secara online membuat peserta kurang maksimal dalam menyerap materi. “Penyelenggaraan acara secara offline bisa memberikan kemudahan kepada peserta dalam menyerap materi karena ada interaksi secara langsung antara narasumber dengan peserta,” jelasnya.

Seminar ini berhasil menarik antusiasme dari para peserta, salah satunya Davina Angelique Fabiola, mahasiswi Fakultas Psikologi angkatan 2023. Davina menyatakan bahwa alasan yang mendorongnya untuk mengikuti seminar ini adalah tema yang menarik dan poin kemahasiswaan. “Menurut saya, acara ini terbilang menarik karena metode yang digunakan berbeda dengan seminar lainnya. Selain itu, kita juga bisa menggali potensi atau kelebihan dalam diri lebih jauh,” ungkapnya. “Harapannya, seminar ini dapat terus diselenggarakan karena materi yang disampaikan relate dengan kehidupan atau diri mahasiswa,” tutupnya. (sv1, jv/vj/4411)