Job Fair Ubaya is Back! Terbuka untuk Umum! laurentiusivan September 5, 2023

Job Fair Ubaya is Back! Terbuka untuk Umum!

Universitas Surabaya (Ubaya) rutin mengadakan kegiatan Job Fair setiap semesternya. Insight Series menjadi salah satu rangkaiannya, sesi kali ini digiring dengan judul ‘How to Prepare Yourself After College’. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 4 September 2023 di gedung perpustakaan lantai 5, Kampus II Ubaya, Tenggilis. Lebih dari 100 orang mahasiswa dan alumni Ubaya.

Insight series ini bertujuan memberikan informasi apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan memasuki dunia kerja. Menghadirkan dua narasumber yang berpengalaman yaitu Indra Pambudi Rahardjo, S.Psi., M.M., selaku Kasubag Kestra HI PTPN XII & anggota pengurus DPP APINDO Jatim bidang Organisasi dan Pembinaan Daerah. Serta Yohanes Kurniawan, S.Psi., M.Psi., selaku consultant HR & karir di Biro Psyche Humanus dan Pengelola akun instagram @ruker.cerdas. Keduanya merupakan alumni Fakultas Psikologi Ubaya dan pernah meniti karir di Career Asistent Center (CAC Ubaya). 

Dalam pemaparannya, Yohanes menjelaskan tentang apa saja yang harus dipersiapkan ketika melamar suatu pekerjaan. Mulai dari persiapan CV (Curriculum Vitae), kriteria yang diharapkan interviewer, serta berbagai tips dan trik yang harus diperhatikan oleh calon pelamar. “Kenali dirimu agar bisa menciptakan CV yang sesuai dengan pekerjaan yang kita minati,” jelas Yohanes, menerangkan. Selain itu, beberapa tips lainnya juga dipaparkan seperti menulis kompetensi dan prestasi pada halaman pertama, latihan wawancara dengan cara direkam dan di didengarkan secara berulang. “Percaya diri dan fokus pada strenght bukan weakness,” lanjutnya.

Indra menyampaikan berbagai landasan hukum yang harus dipahami sebelum kita menggeluti dunia kerja. Sehingga ketika kita memasuki dunia pekerjaan berada pada posisi atau jalur yang dilindungi oleh hukum. Semua hubungan yang terjalin harus disertakan dengan perjanjian tertulis. Selain itu, secara kompetensi portofolio khususnya sertifikasi diyakini cukup penting dalam dunia pekerjaan saat ini dan kedepannya. Ketika sudah bergabung di suatu perusahaan, belajarlah untuk menggali setiap hal yang kita temukan. “Selalu bertanya, cari feedback, cari mentor, ambil tanggung jawab dan project, stay positive!” pesan Indra kepada seluruh peserta.

Raven Erawan, salah satu mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2019 merasa senang dengan adanya kegiatan ini. Bentuk kegiatan ini dilakukan oleh Ubaya sebagai upaya untuk membekali setiap mahasiswa yang siap memasuki dunia kerja. “Adanya kegiatan ini memberikan pendekatan interaktif dan mendalam bagi kami,” jelas Raven. Merasa mendapat banyak insight, Raven juga menyampaikan rasa senangnya karena narasumber yang dihadirkan sangat komunikatif dan kompeten. (sin/sin/4395)