Edukasi Finansial oleh OJK dan Pegadaian laurentiusivan August 21, 2023

Edukasi Finansial oleh OJK dan Pegadaian

Pegadaian dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) melalui MNC Trijaya mengadakan seminar dengan judul ‘Gadai Peduli Goes to Campus’. Disambut langsung oleh Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya), kegiatan ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa baru Ubaya. Seminar diadakan langsung pada Senin, 21 Agustus 2023 di ruang serbaguna FBE Kampus II Ubaya, Tenggilis. 

Seminar dihadiri langsung oleh Tyas Pancarismi, selaku pimpinan cabang PT. Pegadaian area Surabaya 2. Dua topik materi disampaikan secara terpisah oleh perwakilan pegadaian dan OJK. Vandalita mewakili Pegadaian menyampaikan materi pertama terkait dengan pentingnya mengatur keuangan pribadi. Sedangkan Rifnal Alfani, selaku kepala bagian edukasi dan perlindungan konsumen OJK menyampaikan materi kedua terkait dengan pinjaman online dan resikonya.

Fidelis Arastyo Andono, Ak., Ph.D., selaku Wakil Dekan FBE Ubaya menyampaikan pentingnya literasi bagi generasi saat ini. Hal tersebut agar mahasiswa dapat memahami pengelolaan keuangan secara tepat. “Literasi keuangan diharapkan dapat memberikan insight,” ujar Nino, sapaan akrabnya. Melek keuangan tidak hanya meliputi keuangan pribadi saja, namun pemanfaatan peluang secara luas juga dapat dipahami. Seminar ini juga akan berfokus pada dua topik yaitu mengatur keuangan pribadi dan resiko pinjaman online.

“Mulai sekarang perlu maintenance keuangan karena setiap aspek kehidupan butuh biaya,“ jelas Tyas. Pembekalan materi dalam seminar ini memberikan beberapa tips bagaimana agar dapat mengelola keuangan, menghemat pengeluaran, dan tips menghadapi tantangan finansial. Oleh karena itu, maintenance keuangan menjadi penting untuk diperhatikan, khususnya generasi saat ini.

Rifnal menjelaskan beberapa hal yang hanya bisa diakses oleh pihak pemberi pinjaman online. Diantaranya hanya terdapat tiga komponen yaitu kamera, lokasi, dan mikrofon. “Selain dari itu, pasti ilegal,” tegasnya. Pentingnya edukasi  pengelolaan keuangan menjadi tujuan bagi kegiatan ini. Edukasi terkait dengan pengelolaan keuangan khususnya pinjaman online yang seringkali dilakukan oleh generasi saat ini. Gaya hidup menjadi faktor yang cukup mempengaruhi generasi saat ini untuk melakukan pinjaman online. (sin/sin/4384)