Mempersiapkan MC bersama Radio Kampus laurentiusivan July 5, 2023

Mempersiapkan MC bersama Radio Kampus

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

 

Jumat, 30 Juni 2023 Radio Kampus Fakultas Hukum Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan workshop. Dengan tajuk “How to be a Good MC”, diharapkan workshop ini dapat membantu mahasiswa untuk menguasai keterampilan berbicara di depan publik. Dalam workshop ini, Gita Venolita Valentina Gea, S.H., M.H., selaku Dosen Fakultas Hukum Ubaya, hadir sebagai narasumber. Kegiatan workshop diadakan secara offline di Ruang Serbaguna Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya.

“Sebagai Master of Ceremony (MC), kita memiliki tanggung jawab besar yang dititipkan oleh panitia karena kita berinteraksi langsung dengan para audiens,” ucap Gita membuka diskusi. Tanggung jawab ini membuat MC berperan besar bagi pengalaman audiens dalam suatu acara, sehingga MC menjadi penentu keberhasilan acara. “Merasa nervous dan ragu adalah hal yang normal sebagai manusia. Perasaan tersebut akan menjadi bagian dari proses menjadi MC yang baik,” ujarnya.

Gita memiliki suatu tips yang ia sebut sebagai 3P, yaitu preparation, practice, dan performance. Menurutnya, tiga tips tersebut dapat menjadikan seorang MC lebih mahir dalam mengontrol acara. “Preparation berarti cara kita mempersiapkan diri sendiri sebelum menjadi MC suatu acara,” jelas Gita. Ia mengatakan bahwa salah satu unsur paling vital dalam persiapan tersebut adalah mengetahui detail-detail penting suatu acara sebelum menjadi MC. “Practice adalah latihan berbicara menjadi MC di depan panggung dan publik,” ujarnya. Beberapa teknik yang perlu dilatih sebelum berbicara di depan publik adalah intonasi, artikulasi, bahasa tubuh, dan jeda dalam pembicaraan. “Performance merupakan penampilan kita ketika benar-benar didapuk menjadi MC dalam suatu acara,” tutur Gita. Ketika tampil sebagai MC, penting untuk tetap tenang di tengah perasaan gugup dan takut ketika di depan panggung.

Workshop ini disambut dengan sangat meriah oleh para pesertanya. Salah satu peserta, yaitu Nicholas Tristan, mahasiswa Fakultas Hukum Ubaya 2021, turut menikmati workshop ini. “Pertama kali saya mengetahui workshop ini dari grup LINE Fakultas Hukum Ubaya,” ucap Tristan. Ia mengikuti workshop ini karena ingin mempelajari ilmu komunikasi agar dapat diterapkan di dunia kerja. “Saya ingin dapat berkomunikasi lebih baik dan bisa menyampaikan informasi ke orang lain sejelas mungkin,” tuturnya. Ke depannya, Tristan berharap workshop ini dapat dilangsungkan dengan durasi yang lebih lama dan juga narasumber yang lebih bervariasi. (cbw/4351)