Buku Biologi Molekuler Karya Dosen Farmasi Ubaya Resmi Diluncurkan ke Publik laurentiusivan June 27, 2023

Buku Biologi Molekuler Karya Dosen Farmasi Ubaya Resmi Diluncurkan ke Publik

Dosen Farmasi Ubaya membuat buku berjudul “Teknik Biologi Molekuler” yang berkaitan dengan teknik pengembangan obat herbal. Buku ini diluncurkan pada acara webinar dan launching buku “Molecular Biology Technique for Herbal Medicine: Peluang Sinergi Antara Periset dan Praktisi dalam Mengembangkan Obat Herbal” yang diadakan oleh Perpustakaan Universitas Surabaya (Ubaya Library) berkerja sama dengan PT Penerbit Erlangga dan PT. Sciencewerke. Acara yang dihadiri lebih dari 200 peserta ini diadakan secara online pada Sabtu, 24 Juni 2023.

Buku tersebut merupakan karya dari tiga Dosen Farmasi Ubaya, yakni Dr. apt. Oeke Yunita, apt. Alfian Hendra Krisnawan, M.Farm., serta Dr. apt. Marisca Evalina Gondokesumo. Tujuan dari launching buku dan penyelenggaraan webinar ini adalah untuk membangun dialog yang komprehensif antara akademisi, periset, dan praktisi herbal sebagai sumbangsih edukasi sains, teknologi, dan pengembangan Biologi Molekuler. Direktur Perpustakaan Ubaya, Amirul Ulum, S.Sos., M.IP., mengatakan hadirnya buku “Teknik Biologi Molekuler” merupakan produk terbaik yang menjadi bentuk sumbangsih Ubaya pada tingkat nasional. “Buku yang berformat digital serta didukung dengan industri seperti ini dapat menjadi inspirasi untuk mendorong lahirnya riset-riset baru. Harapannya bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” jelasnya.

Sementara itu, Editor in Chief PT. Penerbit Erlangga, Rizal Pahlevi, menyebut buku ini merupakan salah satu dari Seri Kuliah Ringkas terbaik karena dilengkapi dengan QR code. “Kami sadar bahwa untuk mempelajari Biologi Molekuler harus ada visual yang mendukung. Untuk itu, buku ini go digital, sehingga dapat membantu mahasiswa untuk mendapat ilmu dengan harga terjangkau,” ujarnya.

Area Manajer Jatim, NTT, dan Bali PT. Sciencewerke, Leonardo Tejo Gunawan, mengatakan buku ini menjadi terobosan baru dalam bidang sains di Indonesia. “Mengingat saat ini di Indonesia masih belum banyak buku tentang Biologi Molekuler. Kalau ada, biasanya terjemahan dari penulis luar negeri. Semoga ke depannya banyak terbitan buku seperti ini,” ujar Leo, sapaan akrabnya.

Setelah launching, acara dilanjutkan dengan webinar yang dibawakan oleh Dr. apt. Oeke Yunita dengan topik “Uji Efektivitas dan Keamanan Obat Herbal pada Human Tissue Cultures”. Ada pula materi tentang “Optimasi Plant Tissue Cultures untuk Produksi Obat Herbal” yang dijelaskan oleh apt. Alfian Hendra Krisnawan, M.Farm. (el/4345)