Forum Jatim Gelar Diskusi Piagam Surabaya dan Politik Identitas laurentiusivan June 23, 2023

Forum Jatim Gelar Diskusi Piagam Surabaya dan Politik Identitas

Forum Jatim (Jawa Timur) mengadakan diskusi terkait dengan topik “Piagam Surabaya dan Politik Identitas”. Topik ini dibawakan langsung oleh Prof. Dr. Akhmad Muzakki, selaku Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. Departemen Pengembangan Karakter Kebangsaan, Multikultur, dan Interprofesional (PKKMI) menjadi bentuk dukungan ruang publik yang dimiliki Ubaya. Kegiatan diadakan langsung pada Jumat, 16 Juni 2023 di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi Kampus II Universitas Surabaya (Ubaya), Tenggilis.

Diskusi ini dihadiri oleh Anton Prijatno S.H., selaku Ketua Yayasan Ubaya dan  Dr. Ir. Benny Lianto, selaku Rektor Ubaya. Benny menjelaskan bahwa forum dan diskusi ini bertujuan untuk membicarakan bagaimana peran publik dalam menciptakan suatu lingkungan kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya. “Kita harus mencari formula baru untuk mengatasi masalah yang ada. Sehingga, interaksi antar manusia dapat memiliki relasi yang lebih baik lagi,” tutur Benny.

Diskusi ini menekankan pada politik identitas yang dapat mengintervensi nilai kebangsaan di Indonesia. Prof. Akhmad Muzakki menyebut, kelompok-kelompok sosial memainkan peran penting supaya masyarakat tidak mudah terpengaruh politik identitas. “Ruang publik menjadi wadah untuk menjamin keberagaman sebagai modal bagi Indonesia. Jika ruang publik tidak dilengkapi sinergi yang kuat antara kaum intelektual, masyarakat dan sipil, organisasi kemasyarakatan, serta kaum agamawan, menurut saya kita tidak punya ruang lebar untuk mengikis politik identitas,” jelasnya.

Ia menambahkan, hal inilah yang melatarbelakangi pentingnya informasi mengenai Piagam Surabaya untuk disampaikan ke publik. Harapannya, forum diskusi ini menjadi momen untuk belajar dari apa yang sudah terjadi untuk mengembangkan tata kelola Indonesia yang lebih baik. (sin/sin/4341