Teras FIK: Cerita Mahasiswa Kuliah Sambil MUA laurentiusivan June 20, 2023

Teras FIK: Cerita Mahasiswa Kuliah Sambil MUA

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

 

Sabtu, 17 Juni 2023 Fakultas Industri Kreatif (FIK) Universitas Surabaya (Ubaya) kembali mengadakan Teras FIK. Mengusung tema “Talking about MakeUp Artist”, mengundang Devina Khotania, mahasiswi Program Studi Desain Fashion dan Produk Lifestyle FIK Ubaya angkatan 2019, sekaligus seorang MakeUp Artist (MUA) sebagai narasumber. Teras FIK mengajak seluruh mahasiswa untuk mengetahui lebih lanjut mengenai profesi MUA. Acara diadakan secara online melalui live streaming di Instagram @fik_ubaya dan disaksikan oleh puluhan peserta dari berbagai kalangan.

Devina mengaku sudah menekuni makeup sedari bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Dulu saat masih kecil, aku suka di makeup-in sama mama dan memang suka,” ujar Devina. Dia bercerita bahwa saat Sekolah Menengah Atas (SMA), dia tergabung dalam tim cheers untuk tim basket sekolahnya, sehingga sering bantu makeup-in teman-teman buat cheers saat pertandingan basket.

Mendapat dukungan dari orang tua untuk menekuni makeup, Devina mulai mengembangkan kemampuannya saat berusia 17 tahun. “Aku mulai ikut les makeup dan lanjut menjadi profesi sebagai MUA pada saat usia 17 tahun, sebelum masuk perkuliahan,” kata Devina. Mengaku harus pintar membagi waktu perkuliahan dengan pekerjaan, Devina juga bercerita mengenai pengalamannya selama bekerja. “Aku tidak punya asisten, jadi semuanya dikerjakan sendiri. Waktu itu pernah ketemu klien di tempat yang tidak ada lift, jadi aku harus bawa koper ke lantai atas sendiri,” keluh Devina.

Sharing yang dibagikan Devina mendapatkan banyak perhatian dari partisipan. Salah satu pertanyaan terpilih dari akun @evelynms18, “Apa suka, duka, dan tantangan menjadi MUA saat ini serta bagaimana cara menghadapi persaingan yang ketat bahkan dari lulusan luar negeri?” Menanggapi pertanyaan tersebut, Devina mengatakan skill merupakan hal penting dalam menjalani profesi sebagai MUA. “Sebenarnya yang terpenting adalah skill makeup dan produk yang dipakai, karena semakin kita effort mengeluarkan biaya les dan alatnya, maka hasilnya juga akan sepadan,” tutup Devina. (mon/vj/4337)