TI Ubaya Adakan Webinar Series: Prediksi Peningkatan AI di Tahun 2026 laurentiusivan June 19, 2023

TI Ubaya Adakan Webinar Series: Prediksi Peningkatan AI di Tahun 2026

Teknik Industri Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan webinar terkait dengan data science pada Jumat, 9 Juni 2023 melalui Zoom Meeting. Mengangkat dua judul pembahasan yaitu “Data Science Era: Are We Ready?” yang dibawakan langsung oleh Dr. Rina Natalia Prayogo, S.T., M.Sc., selaku dosen Teknik Industri Ubaya dan “The Future of Artificial Intelligence in Image Processing” yang dibawakan oleh Thomhert Suprapto Siadari, Ph.D., selaku dosen dari Telkom University sekaligus General Chairman, The Indonesian Researcher Association in South Korea (APIK).

Kuliah tamu ini diperuntukkan wajib bagi mahasiswa data science Teknik Industri Ubaya, terbuka pula peserta dari SMA dan umum.  Bertujuan untuk memperkenalkan pentingnya pengetahuan tentang data science dan Artificial Intelligence (AI). Dr. Rina Natalia Prayogo menjelaskan bahwa terdapat peningkatan yang cukup signifikan selama 13 tahun terakhir, khususnya terhadap data science AI. “Prediksi akan adanya peningkatan drastis di tahun 2026,” lanjut Rina.

Pengembangan AI menjadi perhatian bagi semua sektor, tidak terkecuali bagi sektor pendidikan termasuk perguruan tinggi. Sisi lain, Thomhert Suprapto Siadfari S.T., M.Eng., Ph.D. menjelaskan bahwa AI merupakan program yang berusaha meniru atau menyerupai manusia sejak tahun 1950. “Perkembangan pesat membuat kita harus lebih aware terhadap dampak positif dan negatif yang dihasilkan,” ujar Thomhert. Selain AI, Thomhert banyak menjelaskan terkait dengan image processing sebagai komponen penting dalam perkembangan AI. (sin/sin/4334)