Siapkan Diri untuk Masuk Dunia Kerja melalui Chemical Engineering Career Corner laurentiusivan June 14, 2023

Siapkan Diri untuk Masuk Dunia Kerja melalui Chemical Engineering Career Corner

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya) berkolaborasi dengan Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Teknik Kimia untuk mengadakan Chemical Engineering Career Corner. Mengangkat tema “Introduction to Chemical Engineering Careers”, acara ini bertujuan membantu mahasiswa Ubaya dalam mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia organisasi maupun pekerjaan. Sedikitnya puluhan mahasiswa Ubaya dari berbagai fakultas dan angkatan turut berpartisipasi dalam acara ini. Diselenggarakan pada Jumat, 9 Juni 2023, Chemical Engineering Career Corner bertempat di Selasar BEM Fakultas Teknik, Kampus II Ubaya, Tenggilis.

Daniel Jalesveva Caesar, mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Ubaya angkatan 2021, selaku Ketua Acara Chemical Engineering Career Corner menjelaskan bahwa keunikan acara ini terletak pada kegiatannya yang dikemas dalam bentuk booth permainan edukasi. Adapun beberapa booth yang dimaksud, antara lain: booth laporan pertanggungjawaban, curriculum vitae, persuratan, fisika kimia, dan teknik kimia. Selain itu, terdapat pula ragam bentuk permainan yang dapat dinikmati oleh partisipan, seperti ular tangga dan kuis pengetahuan. Mengakhiri sesi wawancara, Daniel menyatakan, “Harapannya, peserta yang hadir dapat terhibur dan memperoleh berbagai informasi khususnya mengenai persiapan untuk dunia organisasi maupun pekerjaan, serta bisa semakin mengenal teknik kimia secara umum.”

Pelaksanaan Chemical Engineering Career Corner menarik antusiasme para partisipan yang terlibat di dalamnya. Salah satu partisipan yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Ubaya angkatan 2022, Stevan Wibi, menyampaikan bahwa ia mengunjungi semua booth yang ada dalam acara ini. “Pada booth fisika kimia, pertanyaan yang diberikan sangat berbobot dan seakan me-refresh kembali pemahamanku mengenai kimia,” ujarnya. Tak hanya itu, pengetahuan baru tentang cara membuat curriculum vitae turut diperoleh Stevan melalui acara ini, khususnya pada booth curriculum vitae. “Pokoknya acara ini sangat asyik dan menyenangkan,” tutup Stevan.(vie,dhi/vj/4329)