Dukung Kreativitas Desain Mahasiswa Lewat Kompetisi INDCOM laurentiusivan June 8, 2023

Dukung Kreativitas Desain Mahasiswa Lewat Kompetisi INDCOM

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Kelompok Studi Mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya (KSM TI Ubaya) mengadakan perlombaan Industrial Design Creative Competition (INDCOM) Pada 3 hingga 4 Juni 2023. Dengan tajuk “IMPROVEMENT: Innovative Performance for Industrial Development”. Pada kesempatan ini, INDCOM diikuti oleh 15 tim yang seluruhnya merupakan mahasiswa Ubaya dari berbagai fakultas dan angkatan. INDCOM diadakan secara offline di Ruang Serbaguna Fakultas Teknobiologi dan Ruang Serbaguna Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Kampus II Ubaya, Tenggilis.

Tahun lalu, perlombaan ini memiliki nama Industrial Creative Competition atau ICC sehingga INDCOM pada tahun ini merupakan edisi yang pertama. Pada INDCOM tahun ini, kegiatan lebih berfokus kepada desain produk dibandingkan dengan ICC. INDCOM bertujuan untuk menambah ide-ide kreatif serta melatih kerja sama para peserta untuk menciptakan sebuah desain yang ergonomis dan ekonomis.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan program studi Teknik Industri kepada seluruh mahasiswa Ubaya. Oleh karena itu, INDCOM dibuka tidak hanya untuk para mahasiswa Fakultas Teknik Ubaya. “Semoga segala bentuk pencapaian, tujuan, dan visi jangka panjang yang kami miliki dapat memperkuat citra serta reputasi seluruh Fakultas Teknik dan Ubaya,” ujar Timothy Alfason Karnisa, mahasiswa Fakultas Teknik Ubaya angkatan 2022, selaku Ketua Panitia INDCOM

INDCOM telah menghasilkan pemenang-pemenang pertamanya. Juara I dimenangkan oleh Tim Chamomile, Juara II dimenangkan oleh Tim Ijo Lumut, dan Juara III dimenangkan oleh Tim Sobat Usaha. Salah satu peserta Tim Chamomile, Monica Natalia, mahasiswi Fakultas Teknik Ubaya 2021, memberikan kesan pesannya selama mengikuti perlombaan ini. “Aku mengikuti INDCOM karena tertarik dengan desain produk dan ingin mengasah tingkat kreativitas yang aku miliki,” tutur Monica.

Meraih Juara I dalam perlombaan ini, Monica berujar bahwa ia tidak memiliki persiapan khusus. Ke depannya, Monica ingin agar skala INDCOM dapat diperbesar agar tidak hanya diikuti oleh mahasiswa Ubaya. “Semoga INDCOM dapat menjadi perlombaan berskala nasional agar dapat memperkenalkan Teknik Industri Ubaya kepada masyarakat luas,” tutupnya. (cbw/vnd/4317)