Raih Emas dalam Sea Games Basket Putri 2023, Ini Perjuangan 3 Student Athlete Ubaya samueldim May 16, 2023

Raih Emas dalam Sea Games Basket Putri 2023, Ini Perjuangan 3 Student Athlete Ubaya

Ubaya kembali berbangga, pada tanggal 6 dan 7 Mei 2023 basket putri Indonesia berhasil membawa pulang emas untuk tanah air. Tiga diantaranya merupakan mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) yaitu Nathania Claresta Orville dari Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Adelaide Callista Wongsohardjo dari Fakultas Hukum, dan Clarita Antonio dari Fakultas Teknik. Ajang 32nd Sea Games 2023 diikuti oleh 7 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Kamboja sebagai tuan rumah.

Sea Games merupakan perlombaan tingkat internasional se-Asia Tenggara yang diadakan setiap tahunnya. Setelah bertahun-tahun berjuang, tahun ini Indonesia berhasil merenggut medali emas dalam kategori basket putri 5×5 dan medali perunggu untuk tim basket putri 3×3. Persiapan yang dilakukan cukup panjang untuk membuahkan hasil tersebut. Adelaide menyebutkan bahwa mereka mempersiapkan segala sesuatunya sejak 9 bulan dan terhitung sejak Agustus 2022 lalu, “Kita persiapan kurang lebih 9 bulan,” tutur Adelaide.

Hasil yang didapatkan juga dilalui dengan banyak tantangan, adapun tantangan terberat yang dirasakan adalah kecukupan waktu yang terbatas, “Tim Indonesia mendapatkan jadwal pertandingan 6 game berturut-turut dan setiap pertandingan sangat berpengaruh dalam penentuan juara,” ujar mahasiswa Fakultas Hukum tersebut.

Pertandingan ini membuahkan generasi-generasi yang hebat sehingga bisa mencetak prestasi yang luar biasa tahun ini. Ubaya sebagai sebuah lembaga institusi pendidikan sangat mendukung setiap aktivitas dan kreativitas mahasiswa dari segi hardskill maupun softskill agar terus dapat berkarya dalam bidang yang diminati dan ditekuni. Prestasi tim basket Ubaya juga seringkali tidak diragukan lagi, menjuarai berbagai lomba hingga perwakilan yang mencapai juara I dalam ajang bergengsi Sea Games 2023 tahun ini menjadi bukti usaha keras yang dilakukan.

“Terimakasih banyak kepada Ubaya, mulai dari rektor, wakil rektor, dekan, wakil dekan Fakultas beserta jajarannya, dan juga teman-teman mahasiswa yang selalu mendukung tim basket putri Indonesia dalam ajang Sea Games 2023 ini sehingga kami bisa berhasil mencapai hasil yang maksimal,” tutup Adelaide. (sin/sin/4289