Ubaya Berbangga, Mahasiswa Fakultas Teknobiologi Runner-Up Pilmapres Prov. Jatim. samueldim May 15, 2023

Ubaya Berbangga, Mahasiswa Fakultas Teknobiologi Runner-Up Pilmapres Prov. Jatim.

Pada tanggal 8-9 Mei 2023, Dennis Mitchel, mahasiswa Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya (Ubaya) sukses meraih juara II dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Wilayah tingkat Provinsi Jawa Timur. Dennis juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Pilmapres ke tahap nasional. Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang lebih 60 peserta berprestasi dari wilayah LLDIKTI 7 Jawa Timur.

Dennis mengaku bahwa ketertarikannya berawal dari mengikuti kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Ubaya (PIMUS) pada tahun 2022. Hingga saat ini, Dennis berhasil membawa nama Ubaya ke tingkat Provinsi Jawa Timur. Keberhasilan ini diukur melalui prestasi yang ia raih selama masa studi 6 semester dan gagasan kreatif baru menjadi tolak ukur yang kompeten.

Waktu yang singkat menjadi menjadi tantangan bagi Dennis. Ditengah sempitnya ruang waktu yang dimiliki, Dennis mengajukan judul “RoboDoc: Inovasi Aplikasi Diagnosis Dini untuk Penyakit Umum Berbasis Artificial Intelligence (AI)”. Judul tersebut sukses menghantarkannya mendapatkan juara 2 di Pilmapres Wilayah Jatim. “Presentasi dilakukan jam 10 malam tapi hal itu tidak mematahkan semangat untuk terus memberikan yang terbaik bagi Ubaya,” ungkap Dennis.

Setiap tahunnya LLDIKTI selalu menggelar kompetisi untuk mengasah kemampuan dari pelajar-pelajar di Indonesia. Salah satunya adalah Pilmapres yang merupakan kompetisi mahasiswa dan diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang ada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi setiap tahunnya. Pada tahun ini lomba berkaitan dengan Sustainable Development Goals yang dicetuskan oleh United Nations.

“Teruslah mencari peluang dan membuka pintu baru. Untuk setiap peluang yang hilang, maka akan ada puluhan peluang baru yang bisa kita temukan untuk membanggakan diri, keluarga, dan nama Ubaya,” pesan Dennis kepada civitas akademika Ubaya. (sin/sin/4286