KSM TI Ubaya Adakan Pelatihan untuk Tingkatkan Kemampuan Public Speaking samueldim April 17, 2023

KSM TI Ubaya Adakan Pelatihan untuk Tingkatkan Kemampuan Public Speaking

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Sabtu, 15 April 2023, Kelompok Studi Mahasiswa Teknik Industri Universitas Surabaya (KSM TI Ubaya) menyelenggarakan acara Pelatihan MC (Master of Ceremony) dan Public Speaking bertajuk “Speak to Show Yourself”. Acara ini bertujuan untuk memaparkan cara berkomunikasi yang baik dan benar sehingga mampu melakukan public speaking dengan efektif. Diselenggarakan secara luring di Ruang Serbaguna Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE), Kampus II Ubaya, Tenggilis, kegiatan dihadiri oleh puluhan peserta dari kalangan umum. Prof. Ir. Markus Hartono, S.T., M.Sc., Ph.D., CHFP., IPM., ASEAN Eng., selaku Dosen Program Studi Teknik Industri Ubaya hadir sebagai pembicara dalam acara ini.

“Berbicara dalam keseharian merupakan dasar dari public speaking karena dari sana, kita berinteraksi dan berkomunikasi dengan banyak orang, baik secara verbal maupun nonverbal,” ungkap Prof. Markus. Adapun beberapa tips yang diberikan oleh Prof. Markus agar dapat melakukan public speaking dengan baik. “Saudara bisa melakukan persiapan, baik   dari segi topik dan materi yang hendak disampaikan, termasuk menganalisis tempat, keadaan, dan audiens sebelum acara dimulai,” jelasnya. Tak hanya itu, pembicara yang baik juga perlu menyampaikan materi dengan percaya diri, menggunakan gestur tubuh, memasang ekspresi wajah secara natural, serta mempertahankan kontak mata dengan audiens.

            Pemaparan materi oleh Prof. Markus menarik perhatian peserta, salah satunya Cantika dari SMAN 13 Surabaya. “Apa yang harus kita lakukan agar bisa menyampaikan materi dengan baik apabila diminta presentasi secara mendadak atau tidak ada persiapan?” tanyanya. Menjawab hal tersebut, Prof. Markus menjelaskan bahwa sebagai seorang public speaker harus siap dan menyadari bahwa diri sendirilah yang memiliki kontrol atas situasi tersebut. “Tips yang dapat saya berikan adalah coba untuk tidak berpikir berlebihan atau overthinking karena ini bisa memunculkan mental blocking dan sampaikan tujuan serta hal-hal yang penting atau diminta saja,” jelasnya. (jes,nj/vta/4251)