CEG 2023: Mengasah Kemampuan Sains Para Siswa SMA/K   samueldim April 17, 2023

CEG 2023: Mengasah Kemampuan Sains Para Siswa SMA/K  

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

 

Pada 15 dan 16 April 2023, Program Studi Teknik Kimia Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan perlombaan Chemical Engineering Games (CEG) 2023. Dengan tema ‘TROPICAL: New Treatment of Food Products As A Creative Environmental Renewal’, lomba ini ditujukan untuk menarik perhatian siswa Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/K) mengenai Program Studi Teknik Kimia Ubaya. Pada kesempatan ini, Putu Doddy Sutrisna, S.T., M.Sc., Ph.D., selaku Ketua Program Studi Teknik Kimia Ubaya, turut hadir untuk menyampaikan sambutannya. Perlombaan ini diikuti hingga 68 tim yang sebagian besar berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. CEG 2023 diadakan secara luring di Atrium Lantai 2 dan Upper Ground Royal Plaza, Surabaya.

“Kami semua berbahagia karena CEG dapat kembali dilaksanakan secara offline setelah dua tahun sebelumnya dilakukan dengan cara online,” buka Putu dalam sambutannya. Hal ini disebabkan kedua edisi CEG sebelumnya diselenggarakan pada masa pandemi. “Harapan kami, para peserta dapat mengikuti rangkaian acara CEG 2023 dengan semangat,” ucap Putu. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan harapannya agar para peserta bisa mendapatkan pengetahuan baru dari mengikuti CEG 2023. “Saya ucapkan terima kasih kepada siswa-siswi SMA dan SMK yang mengikuti lomba dan para panitia yang telah menyiapkan CEG 2023 dengan sangat baik,” tutup Putu.

Athalia Beatrice Molianto, mahasiswi Fakultas Teknik Ubaya 2021, selaku Ketua Panitia CEG 2023, turut menyampaikan sambutan pembuka. “Kompetisi ini dikemas dalam bentuk permainan-permainan yang menarik dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta dalam bidang sains,” tutur Athalia. Selain itu, Athalia berharap dengan tema yang diusung pada CEG 2023, para peserta dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam mengolah sisa-sisa produk makanan. “Saya berterima kasih banyak kepada para peserta yang sudah mau bergabung dalam acara CEG 2023 ini,” pungkasnya.

Fase perlombaan pada CEG 2023 dibagi menjadi dua, yaitu pre-event dan lomba utama. Pada kedua fase tersebut, seluruh peserta berkompetisi dengan semangat tinggi. Kompetisi yang berlangsung dengan sengit ini menghasilkan tiga pemenang untuk fase pre-event dan tiga untuk lomba utama. Pemenang fase pre-event dengan kategori Most Favorite diraih oleh Tim Sukses dari SMKN 5 Surabaya. Sementara itu, pre-event dengan kategori Most Creative dimenangkan oleh Tim Antrasena dari SMA JAC School Surabaya. Pemenang The Best Product pada pre-event diraih oleh Tim Alkuna dari SMA Masa Depan Cerah Surabaya. Sementara itu, untuk perlombaan utamanya, juara I diraih oleh Tim Jujutsu Kaisen dari SMA Kristen Gloria 1 Surabaya, juara II dimenangkan oleh Tim Satu dari SMAS Katolik Karitas III, juara III diraih oleh Tim Camelia dari SMA Kristen Petra 1 Surabaya. Seluruh pemenang mendapat hadiah berupa uang tunai dan pembebasan Uang Penyelenggaran Pendidikan (UPP) apabila melanjutkan pendidikannya di Program Studi Teknik Kimia Ubaya. (cbw/mon/4252)