Mengembangkan Start-up Business bersama Ubaya dan Kasir Pintar samueldim April 3, 2023

Mengembangkan Start-up Business bersama Ubaya dan Kasir Pintar

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Selasa, 28 Maret 2023 Ubaya InnovAction Hub (UIH) bersama dengan Kasir Pintar menyelenggarakan seminar. Dengan tajuk “Scale Up Your Business: Pelatihan dan Pendampingan Pencatatan Keuangan Digital bagi Startup”, diharapkan dapat mengedukasi pengembangan bisnis start-up bagi para pebisnis. Pada kesempatan ini, Dr. Dra. Christina Avanti, M.Si., Apt., selaku Wakil Rektor III Universitas Surabaya (Ubaya), menghadiri seminar untuk menyampaikan sambutannya.  Tak hanya itu, Yayon Pamula Mukti, S.TP., M.Eng., selaku Manajer Inkubator dan Akselerator Bisnis UIH, juga menyampaikan sambutan pembukanya. Materi untuk seminar ini disampaikan oleh Sitti Raisya, selaku Co-Founder dan CCO Kasir Pintar dan Nailatul Mas’adah, selaku Maintainer Kasir Pintar. Seminar ini dilaksanakan secara offline di Ruang Serbaguna Perpustakaan Lantai 5 Kampus Tenggilis Ubaya dan dihadiri oleh puluhan peserta.

“Terima kasih kepada Pak Yayon beserta UIH yang telah menghasilkan banyak sekali entrepreneur dari Ubaya,” ujar Tina membuka sambutannya. Tina mengatakan bahwa lulusan-lulusan tersebut telah berkembang menjadi pebisnis yang membanggakan nama Ubaya. Ia juga mengungkapkan bahwa UIH menerapkan nilai “LOVE”, yaitu Local wisdom, Omni-connectivity, Virtue, dan Ecological harmony. “Para entrepreneur di masa depan akan sangat terbantu dengan mengikuti nilai-nilai tersebut,” ucap Tina. Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang turut mendukung terlaksananya seminar ini. “Semoga para peserta dapat menikmati materi yang akan disampaikan oleh Kasir Pintar,” pungkas Tina.

Sesi materi disampaikan oleh Sitti Raisya yang biasa dipanggil Icha selaku Co-Founder dan CCO Perseroan Terbatas (PT) Kasir Pintar International. Sebagian besar dari materi berisi mengenai sepak terjangnya dalam perjalanannya mendirikan aplikasi Kasir Pintar. “Awalnya, PT Kasir Pintar didirikan oleh lima orang, tetapi seiring waktu, tersisa kami berempat,” ucap Icha. Salah satu penyebabnya adalah ketidaksesuaian visi dan misi di antara mereka berlima. “Sangat penting untuk para entrepreneur yang memiliki tim untuk menyelaraskan pandangan agar dapat saling mendukung,” tuturnya. Namun, berkat tim Kasir Pintar yang sudah satu pandangan, aplikasi tersebut telah digunakan oleh lebih dari 1,5 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di seluruh dunia. “Semua itu juga didukung dengan investor yang juga selaras dengan visi kami untuk membangkitkan UMKM,” ucap Icha.

Seluruh peserta menyambut antusias penjelasan yang disampaikan oleh Icha. Banyak peserta dengan semangat ingin bertanya, termasuk Patricius Jason, mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya angkatan 2019. “Bagaimana cara Kasir Pintar bisa mencapai 1,5 juta UMKM dalam waktu singkat?” tanyanya. Icha menjawab bahwa mulanya, ia mencari audiens dengan door-to-door. “Meskipun begitu, sangat sulit bagi kami untuk mendapat pelanggan dengan cara door-to-door. Tidak ada UMKM yang mau menggunakan aplikasi kasir Pintar,” lanjut Icha. Namun, ia mengatakan bahwa Kasir Pintar menggunakan moda online marketing untuk meraih audiens lebih luas. “Hasilnya, kami bisa mencapai 1,5 juta pengguna yang tersebar hingga ke Guatemala di Benua Amerika,” pungkas Icha. (cbw/jel/4228)